wudhu

Nusantarapost.com –┬áSetiap umat muslim diwajibkan untuk selalu menjalankan ibadah terutama sholat dan sebelum melaksanakannya mereka senantiasa harus berwudhu, karena wudhu itu juga wajib maka tidak sah sholat seseorang jika tidak berwudhu. Wudhu menggunakan air suci yang mensucikan seperti air hujan, air sumur, air dari mata air dll. Wudhu yang dilakukan sehari-hari itu memiliki banyak manfaat, berikut adalah manfaat yang perlu kalian ketahui:
1. Memiliki wajah cerah
Banyaknya aktifitas membuat penat dan lelah, dengan berwudhu dan membasuh wajah itu akan membuat wajah menjadi segar karena syaraf pada wajah menjadi bugar. Denagn begitu wajah menjadi cerah dan memiliki keindahan dan kesejukan pada wajah.
2. Menjaga kesehatan mulut
Berkumur ketika wudhu adalah sunnah dan ini memiliki manfaat agar menjaga mulut tetap segar dan membersihkan mulut dari kuman maupun sisa makanan yang menempel pada gigi.
3. Melancarkan peredaran darah
Wudhu dapat mencegah penyempitan pembulu darah dan mencegah kaku pada pembulu darah. Ketika pembulu darah lancar maka ketahanan tubuh terjaga denagn baik.
4. Mencegah kuman masuk lewat hidung
Ketika bernafas, banyak debu maupun kuman yang terperangkap dihidung. Ketika berwudhu dan membersihkan hidung dengan air wudhu dapat menghilangkan debu dan kuman masuk kedalam tubuh.
5. Menjaga kesehatan kulit
Selama melakukan aktifitas banyak sekali debu maupun kuman menempel pada kulit. Ketika berwudhu debu maupun kuman dapat dihilangkan dengan air wudhu. Dengan begitu menjaga kulit tetap bersih dan sehat sehingga dapat terhindar dari penyakit kulit dan peradangan dikulit.