mario

Nusantarapost.com – Kartun bergaya khas Mario Miranda hiasi laman Google dalam rupa Doodle unik hari ini, Senin (2/5). Yang mana hari nin juga betepatan dengan Hari Buruh Nasional. lantas Siapakah Mario Miranda Di Google Doodle hari ini ?

Mario Miranda adalah orang yang sangat berjasa di bidang seni lukis terutama menjadi kartunis. Hari ini adalah ulang tahun ke-90 Mario Miranda.

Pria ini memulai karirnya sebagai kartunis untuk Times of India Group pada tahun 1953. Setelah itu Mario pindah ke ilustrasi dan seni rupa.

Beberapa buku ternama yang menjadi hasil karya Mario Miranda seperti Goa by Manohar Malgonkar dan A family in Goa and The Open Eyes by Dom Moraes.

Namun bagi beberapa orang masih asing dengan sosok Mario Miranda. Memulai karier di dunia iklan. Meski pada akhirnya dikenal sebagai seniman kartun dan pelukis, lelaki asal Goa, India, tersebut ‘menggambar’ garis permulaan di dunia iklan. Pada tahun-tahun awal, karya Mario dimuat di Mid-Day, The Illustrated Weekly of India, Femina, Economic Times dan The Times of India.

Berulang tahun yang 90 tahun, Fakta sejarah mencatat Mario Miranda yang lahir pada tanggal 2 Mei 1926 di India Portugis sudah memiliki bakat melukis sejak masih kecil.

Buktinya sejak pria bernama Mario De Miranda ini masih kecil bakat menggambarnya mulai dituangkan dengan mencoret-coret tembok rumahnya sendiri. Ibu Mario Miranda sendiri mengakui bahwa anaknya punya bakat yang luar biasa di seni lukis.

Demi mencapai cita citanya serta mengembangkan bakat menggambarnya, Mario Miranda melanjutkan studi pendidikannya di St. Xavier’s College-Autonomous, Mumbai, dan mendapatkan gelar BA (Bachelor of Arts).

Tidak puas hanya satu institusi pendidikan tinggi, Mario Miranda kembali menambahkan pengetahuannya di St. Joseph’s Boys’ High School, Bangalore.

Berkat hasil karya lukis dan kartun yang dibuatnya seperti misalnya “The Illustrated Weekly India“, Mario Miranda mulai dicari perusahaan terutama media ternama India. Pada tahun-tahun awal karirnya di dunia menggambar, karya Mario dimuat di Mid-Day, The Illustrated Weekly of India, Femina, Economic Times dan The Times of India.

Namun Hasil karya itu semua hanyalah tinggal kenangan, Pasalnya Mario Miranda Meninggal pada 11 Desember 2011 di Loutolim, sebuah negara bagian India dari Goa, Mario Miranda semasa hidupnya pernah diberi penghargaan bernama ‘Padma Shri’ pada 1988 dan ‘Padma Vibhushan‘ pada tahun 2002.