Arsenal menang tipis 1-0 atas Norwich City di pekan ke-36 Premier League. Ini membuat kans mereka finis di empat besar tetap terjaga. Buat manajer Arsenal, Arsene Wenger, sendiri, kemenangan dan kans untuk tetap finis di empat besar ini merupakan sedikit jawaban atas makin gencarnya gelombang protes yang menginginkan dia untuk pergi.

Arsenal kini duduk di posisi ketiga dengan nilai 67, hanya terpaut dua angka dari penghuni posisi kedua, Tottenham Hotspur, dan unggul tiga poin atas Manchester City, yang berada di posisi ketiga. City baru akan bertanding pada hari Minggu (1/5) melawan Southampton, sementara Spurs baru akan bertanding pada Selasa (3/5) dini hari WIB melawan Chelsea.

Norwich sendiri masih berkutat di zona degradasi. Mereka kini berada di posisi ke-19 dengan koleksi nilai 31. Mereka tertinggal dua poin di belakang Newcastle United, yang berada di posisi ke-17 –posisi aman untuk selamat dari degradasi.

Jalannya Pertandingan

Pada pertandingan yang berlangsung di Stadion Emirates, Sabtu (30/4/2016) malam WIB, Arsenal mendominasi penguasaan bola hingga 69% di babak  pertama. Mereka juga tidak kesulitan untuk mengkreasikan peluang. Hanya saja, tim besutan Arsene Wenger itu tidak bisa sekali pun membuat attempts on target. Berulang kali, Arsenal bisa menembus pertahanan Norwich dan masuk ke dalam kotak penalti. Namun, berulang kali pula, mereka ga gal menyelesaikan peluang dengan baik. Beberapa sepakan pemain Arsenal yang dilepaskan dari dalam kotak penalti kerap melebar atau diblok bek  Norwich.

Olivier Giroud sempat mendapatkan kans pada menit ke-11. Diawali oleh sejumlah operan cepat, bola kemudian sampai ke Giroud yang berada di tengah kotak penalti. Penyerang asal Prancis itu kemudian melepaskan sepakan kaki kanan, namun tendangannya diblok oleh pemain Norwich. Sundulan Laurent Koscielny pada menit ke-37 juga masih gagal berbuah gol lantaran melambung. Setidaknya ada 7 attempts dilepaskan Arsenal di paruh pertama pertandingan, namun tidak ada satu pun yang mengarah tepat sasaran.

Norwich, yang kalah dalam penguasaan bola, juga punya 7 attempts sepanjang pertandingan, namun mereka berhasil membuat 3 attempts on target. Nat
han Redmond tiga kali mengancam gawang Arsenal di paruh pertama pertandingan.

Norwich, yang merasa bisa mengancam Arsenal setelah membuat beberapa peluang menjelang akhir babak pertama, tampil lebih percaya diri di babak kedua. Dimotori Wes Hoolahan dan Redmond, mereka mencoba beberapa kombinasi serangan, meski kebanyakan dimulai lewat sisi sayap. Kendati bisa beberapa kali melepaska umpan ke area kotak penalti Arsenal, tidak sekali pun Norwich bisa mengkreasikan peluang. Melihat Norwich makin percaya diri, Wenger pun langsung membuat perubahan. Pada menit ke-51, ia memasukkan Danny Welbeck dan menarik keluar Alex Iwobi.

kotak penalti, menjadi terpecah. Sebuah umpan silang dari sisi kanan diarahkan kepada Giroud. Penjagaan terhadap Giroud membuat Welbeck mendapatkan ruang di dalam kotak penalti. Dengan cerdik Giroud membelokkan sundulan kepada Welbeck, yang langsung melepaskan sepakan datar. Gol pun tercipta, Arsenal mencetak gol lewat attempt on target pertama mereka di laga ini. Tertinggal 0-1, manajer Norwich, Alex Neil, mengganti Hoolahan dengan Dieumerci Mbokani. Dimaksudkan menjadi salah satu ujung tombak dan target Norwich, Mbokani malah kesulitan untuk menyelesaikan peluang, kendati ada beberapa umpan yang diarahkan kepadanya. Hanya satu attempt itu pun tak tepat sasaran  yang dilepaskan Mbokani selama ia bermain di laga ini.

Susunan Pemain

Arsenal: Cech, Bellerin, Mertesacker (Gabriel 51), Koscielny, Nacho Monreal, Elneny, Ramsey, Iwobi (Welbeck 56), Oezil, Sanchez (Coquelin 84), Giroud.

Norwich City: Ruddy, Pinto, Martin, Bassong (Jarvis 88), Olsson, Howson, Brady, Redmond, O’Neil, Hoolahan (Mbokani 68), Jerome.