Nusantarapost.com-  Barcelona kembali memimpin perburuan titel La Liga Spanyol usai Real Betis di Estadio Benito Villamarin, Minggu (1/5/2016) dini hari WIB. Kemenangan 2-0 membuat Lionel Messi dkk kembali melewati duo Madrid, Atletico dan Real di puncak klasemen sementara.

Barcelona yang sedang bersaing memperebutkan gelar juara liga dengan duo Madrid, Real dan Atletico, mendapat lawan tangguh saat melawan Betis. Perlawanan tuan rumah membuat Blaugrana sempat kesulitan sejak awal.

Pertandingan baru berusia lima menit, peluang yang dikreasikan Ruben Castro nyaris membawa Betis unggul. Mascherano yang coba menghalau umpan kepada Castro membuat bola membentur tiang gawang Bravo.

Barcelona baru bisa membalas di menit ke-23. Umpan Neymar nyaris dikonversi menjadi gol andai sepakan Iniesta tak melambung tinggi ke atas gawang Betis. Masih belum bisa mencetak gol, tim tamu mendapat keringanan pada menit ke-35

Heiko Westermann diusir wasit akibat mendapat kartu kuning kedua. Sayang keunggulan jumlah pemain tak mampu dimaksimalkan Barcelona, skor imbang tanpa gol masih bertahan hingga interval pertama pertandingan berakir.

Di babak kedua, Barcelona coba mengambil inisiatif serangan. Hasilnya, gol yang ditunggu datang pada menit ke-50. Berawal dari umpan lambung Messi ke kotak penalti, komunikasi yang buruk antara bek Betis German Pezzella dan kiper Antonio Adan membuat bola malah gagal dihalau. Bola liar lantas jatuh di kaki Ivan Rakitic dan tanpa kesulitan gelandang asal Kroasia menceploskannya ke gawang yang sudah kosong melompong. Skor  jadi 1-0 untuk Barcelona.

Posisi unggul membuatn Barcelona kian nyaman menggempur pertahanan lawan. Sebaliknya Betis makin sulit mengembangkan permainan, beberapa kali serangan mereka dengan mudah kandas di lapangan tengah.Setelah beberapa peluang emas gagal dimaksimalkan Suarez, striker asal Uruguay membawa Barcelona unggul 2-0 pada menit ke-81. Umpan terukur Messi dari tengah lapangan sukses diserobot Suarez dan tanpa kesulitan menaklukkan Adan. Skor 2-0 akhirnya bertahan hingga laga usai.

Tambahan tiga poin mengembalikan Barcelona ke puncak klasemen dengan poin 85, melewati duo Madrid. Barcelona unggul selisih gol dari Atletico yang punya poin sama di peringkat dua, dan unggul satu poin dari Cristiano Ronaldo Cs.

Susunan Pemain

Real Betis: Adan, Montoya, Gonzalez, Westermann, Pezzela, Joaquin (Musonda’55), Ceballos (Portillo’69), Cejudo, N’Diaye, Petros, Castro (Wolfswinkel’79)

Barcelona: Bravo (Ter Stegen’88), Alves (Roberto’74), Pique, Mascherano, Alba, Rakitic (Turan’86), Busquets, Iniesta, Messi, Suarez, Neymar