Pecel Pitik.jpg

Nusantarapost.com – Kalian yang pecinta kuliner, apa saja menu yang sudah kalian cicipi? Tentunya pasti sudah banyak sekali ya. Nah kalau kalian berjalan-jalan di Banyuwangi, tentu saja tidak lengkap jika kalian tidak menyempatkan untuk mencari kuliner yang lezat-lezat bukan? Di Banyuwangi ada begitu banyak kuliner yang khas.

Kuliner memang pelengkap saat berlibur atau travelling. Kalau membahas kuliner, tentu saja akan terasa lapar dan membayangkan betapa lezatnya menu yang satu ini. Yaitu menu yang paling dicari oleh para wisatawan ketika berkunjung di Kota Banyuwangi, yaitu menu masakan yang kas asli dari Banyuwangi sendiri. Pecel Pitik.

Kalau kalian mendengar kata pitik mungkin akan terlintas adalah ayam. Ya, Memang benar adanya bahwa pitik merupakan salah satu hewan bersayap yang mempunyai masa danging yang gurih. Pitik sendiri merupakan bahasa jawa yang berarti adalah ayam.

Kuliner pecel pitik ini berasal dari suku using, suku dari Banyuwangi. Untuk mendapatkan menu pecel pitik ini memang bukan perkara gampang dikarenakan menu ini biasanya ada jika ada suatu acara adat saja.

Namun saat ini, untuk menemukan menu ini sudah tidak perlu repot lagi menunggu sampai upacara adat segala kok. Saat ini sudah banyak warung makan yang berada di Banyuwangi hampir menjual menu pecel pitik.

Pecel pitik ini berbahan dasar ayam yang masih muda sekita tujuh samapi delapan bulan. Daging dari ayam ini akan  terasa empuk dan juga gurih. Cara membuatnya menggunakan tku yang di bakar namun ayam yang di panggang tidak terlalu kering jadi bisa di bayangkan bahwa daging ayang muda ini begitu lezat.

Pecel pitik dapat disajikan dengan parutan kelapa yang masih muda dan dicampur dengan kacang tanah yang sudah dihaluskan. Kalau kalian menyempatkan diri ke Banyuwangi kurang lengkap kalau tidak mampir untuk merasakan lezatnya pecel pitik.  Bumbu rempah-rempah yang meresap pada pitiknya menggugah selerah makan, jelas saja ini menu yang tidak boleh dilewatkan ya.