pantai-kepettingan.jpg

Nusantarapost.com – Dilihat dari topografinya, wilayah kabupaten Sidoarjo berbatasan langsung dengan kota Surabaya dan juga wilayah Gresik di sebelah utara, sebelah timur dengan selat Madura, sebelah selatan dengan Pasuruan dan sebelah barat dengan Mojokerto. Sebagai salah satu penyangga kota Surabaya, Sidoarjo memiliki berbagai potensi diantaraya seperti industri dan perdagangan, pariwisata usaha kecil dan menengah.┬áSiapa bilang Sidoarjo tidak punya tempat wisata alam? Sedikit menjauh dari pusat kota Sidoarjo, tepatnya berada di Desa Sawohan kecamatan Buduran, kalian dapat menikmati keindahan pantai.

Satu hal yang unik, kalian hanya bisa melaluinya hanya dengan menggunakan perahu yang disediakan nelayan setempat. Pantai ini sangat ramai dikunjungi diakhir pekan loh, terlebih lagi ketika diadakan upacara Nyadran, ritual sedekah laut yang dilakukan sebagai wujud syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Di atas lahan seluas 3,28 hektar di Jalan Raya Buduran museum Mpu Tantular dibangun. Koleksi benda bersejarah yang dimiliki membuat kalian bakalan betah berkeliling di dalannya, mulai dari koleksi emas, etnografi, geologi biologi hingga seni rupa pada abad ke -14. Gimana bakalan berpetualang dengan peninggalan sejarah bukan?

Tidak hanya tempat-tempat itu saja yang asyik, kalian juga bisa menikmati akhir pekan kalian dengan pergi memacing loh. Kalian bisa menikmati ikan benrang seperti mujaer, gurami dan juga bawal. Yup, itu semua bisa kalian dapatkan di Delta Fishing dimana sudah disediakan fasilitas kalian yang hobby memancing juga berenang. Selain itu Delta Fishing juga disediakan fasilitas outbond dan flying fox kok. Jadi tidak perlu bosan.

Lumpur lapindo, nama yang cukup familiar di telinga kalian bukan? Yup, sejak tanggal 29 Mei 2006, Desa Renokenongo kecamatan Porong ramai diperbincangkan karena jebolnya lapindo. Seringin berjalannya waktu, tempat ini justru menjadi tempat wisata yang wajib dikunjungi ketika berada di Sidoarjo loh. Semburan lumpur berasap yang kini masih mengepul di tengahnya menjadi daya tarik tersendiri. Kalian bisa kok menikmati dengan naik diatas tanggul. Layaknya Pulau Bali, kalian pun bisa menikmati sunset dan sunrise dengan naik di atas tanggulnya.

Wah kalau ngomongin tempat wisata di Sidoarjo, sebenarnya banyak. Hanya saja belum semuanya terkespose. Kalau dari peninggalan sejarah, tempat wisata yang wajib di kunjungi ini tidak jauh dari Lumpur lapindo loh. Yaitu Candi Pari. Candi pari ini terletak di Desa Candi Pari kecamatan Porong. Dengan gaya arsitektur Campa Vietnam, kalian serasa di luar negeri