sun

Nusantarapost.com – Sunscreen merupakan salah satu cara agar kulit terlindungi dari paparan sinar matahari. Akan tetapi, tahukah kamu jika sunscreen mempunyai dampak bagi kulit? Nah, apa sajakah dampak nya? Berikut adalah penjelasannya, yang dilansir oleh Boldsky, Rabu (27/4/2016).

1. Alergi kulit
Sunscreen mengandung bahan-bahan kimia yang dapat menyebabkan alergi pada kulit, rasa gatal, bahkan sampai bengkak. Sangat dianjurkan untuk menggunakan yang “hypoallergenic” yaitu tidak menyebabkan alergi pada kulit kamu. Ahli kulit menyatakan jika sunscreen yang mengandung zat zinc oxide jauh lebih aman untuk digunakan.

2. Kulit Kering
Kulit kering juga menjadi salah satu akibat dari pemakaian sunscreen untuk sebagian orang. Jika kamu merasa kulit kering setelah menggunakan sunscreen sebaiknya segeralah konsultasi pada dokter kulit atau dermatologist, dan segeralah mengganti produk sunscreen.

3. Memeperparah Jerawat
Penggunaan sunscreen memicu jerawat menjadi semakin parah. Disarankan jika tetap ingin menggunakakn sunscreen, pilihlah produk yang non-oily atau tidak berminyak.

4. Ruam
Bagi kamu yang mempunyai kulit sensitif, menggunakan sunscreen dapat menimbulkan ruam pada kulit. Untuk itu konsultasikan terlebih dahulu kepada ahli kulit sebelum memilih mana saja produk-produk sunscreen yang cocok untuk kamu.

5. Iritasi Pada Mata
Pengaplikasian sunscreen pada mata dapat mengakibatkan iritasi ringan. Jika merasakan seperti terbakar pada mata, sebaiknya langsung periksakan diri ke dokter kulit.