Nusantarapost – Surabaya merupakan kota yang lawas akan sejarahnya. Kota yang di sebut kota pahlawan ini  menjadi kota terbesar selain Jakarta . Namun adakah wisata untuk kota besar dan sepadat Surabaya? Sekilas pasti bingung bagaimana tempat wisata yang berada di kota yang penuh dengan polusi ini.

 

  1. Hutan Mangrove

Pemerintah kota Surabaya tentu saja piawai mengelolah tataan kotanya. So, dengan kepiawaiannya itu tentu saja ada hutan liar yang cukup dekat dengan kota yang berada di kawasan Wonsorejo. Hutan Mangrove. Hutan yang cukup alami serta masih liar untuk ukuran kota Surabaya tersebut memang menjadi salah satu tempat wisata yang asri untuk di datangi.

Lalu apa sih istimewanya hutan Mangrove ini? Melihat Surabaya yang padat penduduk dan juga panas, setidaknya harus ada nuansa hijau-hijaunya. Ada rasa senang melihat kota yang ada hutan liarnya di pinggiran kotanya bukan? Bayangkan saja jika kalian bisa mendengar suara-suara dari serangga, atau  burung. Damai bukan? Tidak hanya itu saja, kalian pun bisa tracking di wisata pinggir laut ini dan bisa menjumpai biawak yang sedang berlari-lari liar. Ada pula kepiting dan ikan yang sedang berenang.

Dengan berjalan di atas jembatan yang terbuat dari kayu, kalian pun bisa bereksplorasi dengan hutan yang lebat di tengah-tengahnya, tentunya sudah menyewa kapal yang ada disana, cukup mengeluarkan Rp. 300.000 kita sudah dapat menyewa boat untuk menyusuri pinggir-pinggir Mangrove tersebut.

Hutan Mangrove memang asyik untuk orang-orang yang sekedar berkunjung menikmati suasana alam. Selain dapat melihat sekeliling hutan dengan menggunakn boat, kalian juga bisa bersantai-santai di gazebo yang telah di sediakan. Bagi kalian yang pecinta alam, tidak perlu pergi jauh-jauh untuk liburan akhir pekanmu. Cukup merilekskan diri di hutan Mangrove dan mulailah berpetualangan. Oh ya, hutan Mangrove ini tutup pada pukul 15.00 WIB.

mangrove

2. Taman Bungkul

Selain hutan Mangrove, tempat wisata yang sering di kunjungi yaitu taman bungkul. Jika kalian ingin datang ke taman yang suasananya nyaman dan penuh dengan kuliner, yap tempat ini jadi favorit. Meskipun kota Surabaya menjadi kota metropolitan ke dua, Pemerintah kota Surabaya memang serius untuk penghijauan yang di lakukan di pinggiran kotanya. Taman bungkul tidak sekedar menjadi penghijauan untuk menghindarkan polusi, tetapi juga tempat untuk bermain. Kalian bisa membawa keluarga untuk berakhir pekan. Cukup bagus untuk merefresh otak dari rutinitas yang padat. Yap seperti yang di ulas di atas, taman bungkul menyediakan arena bermain untuk anak-anak. Lokasi taman bungkul ini berada di Jalan Raya Darmo. Taman ini sangat ramai pengunjung di hari minggu karena menjadi arena Car Free Day loh. Gimana, mengasyikkan bukan?

bungkul

3. Taman Bibit

Surabaya memang kota yang penuh dengan macet dan panas. Yang jelas surabaya mempunyai banyak taman kota yang dapat menjadi paru-paru kotanya. Jika kalian ingin liburan ke Surabaya jangan lewatkan untuk menikmati wisata murah di surabaya ini. Tempat rekreasi keluarga ini juga digunakan sebagai taman kebun pembibitan tanaman di surabaya. adanya dua kebun bibit di surabaya, banyak orang menyebut taman flora surabaya sebagai kebun bibit 1 surabaya dan kebun bibit 2 Wonorejo sebagai kebun bibit 2 surabaya.  Daerah Wonorejo di sebelah kiri jalan. atau ketik kantor kebun bibit di google map maka anda langsung ditunjukkan letak kebun bibit Surabaya Untuk masuk kebun bibit surabaya  ini gratis alias tidak dipungut biaya sedikitpun kecuali untuk parkir kendaraan. Wah, memang benar-benar kebun bibit milik rakyat Surabaya ya. Kebun bibit cocok disebut wisata murah surabaya untuk keluarga karena banyak fasilitas yang ada di kebun Wonorejo yaitu taman bermain anak, area outbound anak, kebun pembibitan seperti taman kebun jati. selain itu juga ada jogging track yang mengelilingi danau buatan. Area foto kebun bibit surabaya ada di dermaga danau yang menarik lanscape nya. ada juga tempat mengolah sampah dan juga toilet. untuk keluarga yang membawa anak, kebun bibit ini sangat cocok karena menyediakan area bermain untuk anak-anak (playground) dan juga area outbound. Untuk area permainan ada playground yang dilengkapi dengan seluncur dan ada juga panjat tangga besi untuk melatih kekuatan tangan dan kaki. sedangkan area outbound, ada three line bridge, elfice bridge, titian ban dan juga flying fox yang menyebrangi danau buatan.

bibit