derastniNusantarapost.com –¬†Warga Riau dan sekitarnya seperti di siram berkah setelah kemarin malam Wilayah Propinsi Riau diguyur hujan yang cukup deras. Hal ini tentunya membuat masyarakat Riau dan sekitar merasa bahagia lantaran dengan turunnya hujan itu membuat asap yang selama ini menjadi momok dalam keseharian warga Riau sedikit demi sedikit mulai memudar. Hal ini pun langsung dinyatakan langsung oleh Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Riau Arsyadjuliandi. beliau mengatakan, asap diwilayahnya sudah mulai memudar karena turun hujan. Bahkan titik api diwilayah Riau sudah tidak ada.

“Di Pekanbaru, Provinsi Riau, hujan turun pukul setengah enam sore sampai pukul delapan malam. Asap mulai pudar dengan jarak pandang 2 Km. Titik api di Riau pun sudah nol untuk sementara,” kata Arsyadjuliandi di Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta, Rabu (28/10/2015).

Tak hanya itu, Arsyadjuliandi juga mengatakan sudah ada pesawat komersial yang mendarat di Riau. Hal ini menyusul jarak pandang akibat kabut asap diwilayah tersebut semakin membaik setelah turunnya hujan.

Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Luhut Binsar Pandjaitan juga meminta agar setiap pesawat bisa terus masuk ke wilayah Riau jika memang sudah memiliki jarak pandang yang aman untuk aktivitas penerbangan.

“Kalau 2.000 jarak pandangnya, suruh saja yang lain mendarat,” tandas Luhut.

Bencana asap ini memang sudah berlangsung sejak 25 Agustus 2015. Dan selama ini pemerintah juga sudah melakukan upaya maksimal untuk memadamkan kebakaran hutan tersebut.