sumpah pemudaNusantarapost.com – Bermula dari pernyataan yang terlontar dari para pemuda dan masyarakat yang bertekad mempersatukan seluruh bangsa Indonesia untuk melawan para penjajah dahulu, semua tertuang dalam sebuah pernyataan yang kini lebih dikenal dengan nama Sumpah Pemuda. Sumpah yang memiliki arti yang begitu mendalam dakini sepertinya sudah tidak dirasakan lagi. Meski demikian, semangat dan rasa cita Tanah Air patuh dipertahankan untuk menghormati jasa para pahlawan yang telah berkorban untuk membela negara Indonesia.

Lalu bagaimanakah cara memaknai Hari Sumpah pemuda khususnya bagi para pelajar di zaman sekarang ?

Salah seorang siswi SMA bernama Taufany mengatakan “Sumpah Pemuda merupakan momen dimana kita bisa mengetahui dan mengenang jasa-jasa para pahlawan yang telah berjuang untuk membela negara. Dengan mengetahui jasa para pahlawan itu berarti kita menghargai jasa dan perjuangan mereka,” katanya.

Pendapat serupa juga dilontarkan oleh pelajar lainnya, Evan. Ikrar Sumpah Pemuda yang ditjabarkan dahulu mengandung makna bahwa pemuda mengakui Indonesia sebagai Tanah Airnya. Untuk itu ia memiliki pandangan untuk mengisi kemerdekaan Indonesia ia harus belajar sungguh-sungguh unntuk memajukan bangsa Indonesia.

“Sumpah Pemuda momen saat pemuda berjanji untuk persatuan Bangsa. Semoga dengan tetap mengingatnya, para pemuda di generasai sekarang dan berikutnya bisa lebih mencintai Tanah Airnya sendiri,” tuturnya.

Sementara itu bagi pelajar yang benama Salsa memiliki cara sendiri dalam mengartikan Hari Sumpah Pemuda. Ia mengungkapkan, seharusnya para pemuda bisa lebih berkontribusi untuk memajukan negara Indonesia daripada menghabiskan waktu dengan sia-sia. Siswi yang memiliki paras cantik ini juga menambahkan seharusnya para pemuda bisa lebih menjaga emosi supaya tidak terjadi pertengkaran dimana-mana.