8435_25938_SUMUR MAJAPAHIT
Nusantarapost.com
– Jumlah situs-situs purbakala yang ada di Jawa Timur semakin hari semakin bertambah. Hal ini menyusul baru ditemukannya sebuah situs peninggalan yang diduga telah berusia puluhan bahkan ratusan tahun. Situs yang baru saja ditemukan ini terletak diarea persawahan di Desa Urangagung, Sidoarjo, Jawa Timur.

Bentuk situs ini berupa sebuah sumur berdinding batu bata. Warga setempat meyakini bahwa sumur ini merupakan salah satu peninggalan masa Kerajaan Majapahit. Warga yang pertama kali menemukan situs ini adalah Sugiantono warga RT 19 RW 7 Desa Urangagung, Sidorajo, Jawa Timur. Pria yang berusia 40 tahun ini menemukan situs peninggalan bersejarah tersebut tiga minggu yang lalu saat ia hendak membuat tempat air disekitar sawah miliknya yang ia gunakan untuk menyiram tanaman kacangnya.

“Niat saya saat itu hanya membuat tempat air untuk penyiraman tanaman kacang di sawah. Saya menggali tanah dan ternyata menemukan ada sumur,” kata Sugiantono, Senin (26/10) sore.

“Saya langsung saja melaporkan penemuan ini ke Pemkab Sidoarjo (Disporabudpar) dan BP3 (Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala) Trowulan, Mojokerto,” jelasnya.

Situs yang berbentuk cekungan dan dilingkari oleh tatanan batu bata yang rapi dan juga memiliki sumber mata air itu diyakini oleh warga setempat sebagai sumur yang digunakan sebagai tempat bersuci dan membersihkan diri oleh para tamu Kerajaan yang hendak memasuki wilayah Kerajaan Majapahit pada masanya dulu.