downloadNusantarapost.com –¬†Umat muslim didunia kembali berduka. Setelah tragedi yang menimpa jamaah haji di Masjidil Harom beberapa waktu yang lalu lantaran runtuhnya alat berat atau crane untuk merenovasi Masjidil Harom yang mengakibatkan ratusan jamaah haji harus kehilangan nyawa, kini ratusan jamaah haji harus kembali kehilangan nyawannya dalam tragedi di Mina, Saudi Arabia, Kamis September 2015. Tragedi Mina ini menjadi tragedi terparah kedua semenjak tragedi yang menimpa jamaah haji pada tahun 1990 silam.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri, Arrmanatha Nashir mengungkapkan bahwa kejadian tersebut bermula dari berhentinya sekelompok jamaah secara tiba-tiba sehingga jamaah yang ada dibelakang kelompok yang berhenti tersebut menjadi berdesak-desakan dan menimbulkan aksi saling dorong-mendorong yang mengakinbatkan jatuhnya beberapa korban. Sampai sekarang belum diketahui penyebab dari berhentinya kelompok tersebut.

“Kejadian terjadi dijalan menuju tempat untuk melempar jumroh didaerah dekat dengan penginapan di Mina. Awal kejadiannya karena ada sekelompok jamaah haji yang secara tiba-tiba berhenti, sehingga terjadi penumpukan dan desak-desakan pada jamaah yang ada dibelakang kelompok tersebut,” Ungkap Arrmanatha.

Menurutnya kejadian itu terjadi sekitar pukul 07.00 waktu setempat. Hingga sampai saat jumlah korban dalam tragedi tersebut diperkirakan mencapai 717 jamaah haji yang meninggal dunia sedangkan ada sekitar 800 jamaah haji mengalami luka-luka. Lokasi musibah ini terletak sejauh 5 kilometer dari kota suci Makkah, dimana ada lebih dari 160.000 tenda didirikan untuk menampung jutaan jamaah haji yang melakukan ritual Lempar Jumroh.