donorNusantarapost.com – Runtuhnya alat berat atau crane di Masjidil Haram memang menjadi pusat perhatian warga didunia. Akibat tragedi terebut ratusan jamaah haji harus kehilangan nyawa dan ratusan jamaah luka-luka.

Ucapan bela sungkawa pun mengalir dari semua media atas perstiwa tersebut. Tak hanya ungkapan bela sungkawa, bahkan sejumlah anak muda di Makkah dan Madinah mendonorkkan darah mereka untuk korban kritis yang masih dirawat dirumah sakit Arab Saudi sebagai bentuk kepedulian mereka atas kejadian tersebut.

Dikutip dari International Islamic News Agency (IINA) terdapat ribuan orang-orang dari semua penjuru Saudi Arabia khususnya dari pemuda Makkah pada jum’at malam menyumbangkan darah mereka untuk para korban yang terluka dalam tragedi runtuhnya crane di Masjidil Haram. Mereka menyerbu rumah sakit dimana para jamaah haji yang menjadi korban dirawat disana.

Juru bicara Departemen Kesehatan Makkah, Abdul Wahab Shalbi mengatakan bahwa rumah sakit yang ada di Makkah dan di Madinah siap menampung korban yang mengalami luka kritis akibat insiden runtuhnya crane di Masjidil Haram.

Tak hanya itu rumah sakit ini juga siap menampung darah dari para pendonor darah yang ingin menyumbangkan darahnya untuk para korban.

“Para korban yang menderita luka serius telah dilarikan ke Rumah Sakit Ajyad terdekat sementara bagi para korban yang kondisinya relatif stabil yang dibawa ke rumah sakit lain . Kami telah tersedia 2.000 unit darah selain memasok 340 unit tambahan untuk rumah sakit,” pungkasnya.