polisiNusantarapost.com –┬áPatroli menggunakan sepatu roda merupakan salah satu cara alteratif yang cukup efektif untuk mengatasi kemacetan, terutama di daerah-daerah yang menjadi pusat keramaian. Hal ini kemudian diterapkan oleh polisi di kawasan Car Free Day Jakarta, polisi menerapkan sistem penanganan sepatu roda dan sepeda untuk mengatasi kemacetan di kawasan ini.

Pamim STNK Samsat Balai Raja, Niken mengatakan, ide awal terbentuknya patroli polisi menggunakan sepatu roda karena manfaat sepatu roda yang praktis yakni simpel dalam menjalankan tugas, terutama didaerah ramai. Menurutnya hal ini terbukti efektif sejak diterapkan tahn 2008.

“Sepatu roda itu bisa berpatroli di segala macam kontur jalan, tidak perlu ruang yang luas, atau jalan khusus. Di gang gang saja sepatu roda bisa lewat. Jadi kemacetan di Jakarta itu, jaraknya begitu rapat. Dengan sepatu roda akan lebih mudah dan efisien,” kata Niken kepada salah satu media sosial ternama di kawasan Car Free Day Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Minggu (6/9/2015).

Tak hanya di Car Free Day saja naun patroli sepatu roda ini juga kerap diterapkan di hari libur nasional, malam tahun baru, hari raya besar, pengamanan malam takbiran, dan Car Free Night. Khusus untuk hari raya besar, patroli dilakukan dikawasan seperti Ancol, Taman Mini dan Ragunan. Tidak hanya itu, ketika ada demo masal, patroli sepatu roda kerap diturunkan untuk memudahkan pengamanan kepolisian.

Selain patroli sepatu roda, di kawasan Bundaran HI juga terlihat pengamanan polisi menggunakan sepeda.