abdi dalemNusantarapost.com – Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat atau yang biasanya dikenal dengan Keraton Yogyakarta merupakan satu-satu kesultanan Jawa yang sampai saat ini masih hidup di negara Indonesia. Dikatakan masih hidup karena tradisi ataupun aktivitas kesultanan ini masih berlangsung hingga sekarang. Walaupun kesultanan ini secara resmi menjadi bagian dari Republik Indonesia namun aturan-aturan yang diberlakukan oleh kesultanan ini masih berjalan bagi penduduk sekitar Keraton Yogyakarta. Seperti Kesultanan pada umumnya Keraton Yogyakarta ini juga mempunyai para menteri bahkan para abdi dalem atau pembantu keraton.

Pada umumnya abdi dalem atau pembantu Keraton Yogyakarta ini adalah warga sekitar keraton yang mempunyai keinginan menjadi pelayan keraton dan juga sudah berusia lanjut. Namun tahukah anda jika dalam keraton ini juga ada abdi dalem ciliknya ?

Abdi dalem tersebut bernama Rizky Kuncoro Manik. Bocah yang lahir pada 27 Oktober 2008 ini merupakkan satu-satunya abdi dalem cilik Keraton Yogyakarta. Rizky secara resmi dilantik menjadi abdi dalem keraton pada 2 Syawal 1434 H atau pada pertengahan tahun 2013 lalu.

Dalam kesehariannya, bocah yang sekarang berusia 7 tahun ini berangkat mengabdi ke keraton sepulangnya dari sekolah di TK Pamardisiwi. Ia berangkat ke keraton dengan di bonceng sang kakek, Suyatiman Cermowicoro memakai sepeda ontel dari rumahnya di Kampung Warungbot, Yogyakarta.abdi-dalem-cilik

Ketulusan sang bocah menjadi abdi dalemnya Keraton Yogyakarta pun menuai beragam pujian dari berbagai kalangan. Misalnya dari Tyo Hadiwiyono yang mengatakan “calon pemuda yang akan melestarikan budaya Jawa terutama budaya Jogja. Semangat yoo cah baguss. Gusti mamberkahi”.