dampak negatif tidurNusantarapost.com – Tidur adalah aktifitas yang sangat disukai banyak orang, kita sebagai manusia butuh tidur, tidur baik untuk tubuh kita. Menurut pakar kesehatan tidur adalah cara paling baik dan efektif untuk mengembalikan kondisi tubuh, dan jika kurang tidur akan menimbulkan berbagai masalah kesehatan atau insomnia.

Eversleeping atau tidur terlalu lama ini justru berakibat buruk terhadap kondisi kesehatan. rata-rata waktu tidur yang diperlukan orang dewasa 7-9 jam, dan waktu 8 jam ini dinilai sangat ideal.

Kerusakan sel-sel tubuh ini yang akan terjadi jika anda tidur lebih dari 9 jam.
faktor psikologis ternyata dapat mempengaruhi pola tidur anda, seperti cemas dan depresi. buanglah kebiasaan tidur terlalu lama anda jika anda tidak ingin terkena dampak buruk seperti dibawah ini:

1. Kerusakan pada otak
Kurang tidur atau tidur terlalu lama dapat mempercepat terjadinya kerusakan pada fungsi otak. akan semakin parah jika ini dialami oleh wanita berusia 45 tahun, wanita yang tidur lebih dari 9 jam atau kurang dari 5 jam akan menunjukan terjadinya perubahan pada otak, yakni terjadinya penuaan 2 tahun lebih cepat.

2. Kelebihan berat badan
Seseorang yang terbiasa memiliki jam tidur lebih dari 9 jam 25% kemungkinanya akan mengalamikenaikan berat badan mencapai 5 kilo.

3. Stroke
46% orang akan beresiko terserang stroke, ini ditunjukan sebuah studi di cambridge yang melakukan penelitian.

4. Diabetes
kadar glukosa pada tubuh bisa meningkat bila memiliki kebiasaan tidur lebih dari 9 jam setiap malamnya pada orang dewasa. selain makanan, faktor tidur pun juga termasuk salah satu resiko terkena diabetes.

5. Mengurangi daya ingat
orang yang tidur terlalu lama akan mempengaruhi daya ingat otak mereka, ungkapan the journal of the american geriatrics socity.

Semoga artikel ini bisa memberikan pengetahuan akan bahayanya terlalu lama tidur. ubah pola tidur anda, tidur berkualitas setiap harinya bisa menjadi faktor penting bagi kesehatan anda.

SHARE
Full-time blogger, social media activist, dan internet marketer. Setiap hari kerjaan nya di depan laptop terus, yang membuat dia galau cuma satu "gak ada #koneksiinternet" -_-