barang jadulNusantarapost.com – Hobi atau kegemaran orang zaman sekarang memang sangatlah sulit ditebak. Kita tahu bahwa akhir-akhir ini banyak sekali orang yang memiliki hobi yang mungkin bagi kita sangatlah tidak perlu. Namun bagi orang-orang tertentu hobi tersebut malah menjadi bagian dari kehidupan yang tidak bisa dipisahkan.

Seperti halnya kolektor. Ya, Kolektor adalah orang yang pekerjaannya mengumpulkan barang-barang yang bagi mereka memiliki nilai yang sangat tinggi. Mungkin dulu beberapa orang memiliki hobi mengumpulkan barang jadul seperti kartu pos, perangko, mainan jadul dan lain lain. Dan saat ini foto-foto pun mulai banyak diburu para kolektor. Makin kuno suatu barang maka makin tinggi harganya.

Kita mungkin akan bertanya-tanya uuntuk apa para kolektor bersusah payah mengumpulkan foto kuno, bahkan rela meroogoh kocek yang tidak sedikit untuk membeli foto-foto tersebut sedangkan mereka tak mengenali sosok yang ada dalam foto tersebut.

Umumnya para pembeli dan kolektor foto kuno ini berasal dari kalangan mahasiswa, fotografi, desain dan perfilman.

“Biasanya foto itu digunakan untuk properti perfilman,” ujar Andi, salah seorang pengepul foto lawas. Pria yang gemar mengumpulkan barang barang antik ini menuturkan bahwa foto-foto t5ersebut didapatnya dari para pemulung. Ia mengumpulkan barang-barang antik ini untuk dijual kembali. Harga Jualnya pun bervariasi tergantng ukuran, objek dan tahun.

Pria asal Yogyakarta ini sendiri biasanya membuka lapak dagangannya pada event-event tertentu di Yogyakarta. Tidak hanya menjual foto lawas, Andi juga menjual barang-barang lawas lainnya seperti majalah, novel, koper dan lain-lain.