Website Revolusi Mental baru saja diresmikan oleh Kementerian Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) pada hari senin 24/8/2015 lalu, Menurut Deputi bidang Koordinasi Kebudayaan Kemenko PMK Haswan Yunas, peluncuran situs ini adalah untuk memudahkan masyarakat dalam memberikan masukan, kritikan dalam hal revolusi mental.

0

Situs Revolusi Mental  yang ramai diperbincangkan dimedia sosial bahkan rakyat Indonesia, banyak yang penasaran dengan apa itu website Revolusi Mental yang digadang-gadang menelan biaya 140 Miliar ini? Mari kita simak sedikit,

Tujuan program Revolusi Mental adalah untuk mengubah mental masyarakan ke arah yang lebih baik, seperti cara berfikir, sopan, santun, perilaku sesuai norma kebudayaan dan agama.

Tujuan program yang begitu bagus nampaknya tak sesuai dengan prospektif para netizen, kenyataanya masyarakat menilai lain dan cara implementasi yang kurang baik yaitu dengan menghabiskan anggaran negara sebesar 149 Miliar, untuk biaya pembuatan website, promosi, iklan, film dan kampanye.

Bagaimana tidak kecewa, netizen juga terhitung sebagai masyarakat yang melek teknologi tersebut menyebutkan bahwa website itu tidak pantas dengan nilai proyek yang disebutkan habis sekitar 140 miliaran rupiah. Menurut mereka nih, meski ditujukan untuk masyarakat agar bisa mengetahui informasi terkini tentang pemerintah. Tapi, bagi netizen ini tak lebih sebagai bentuk pemborosan yang baru.

Terlebih peluncuran website www.revolusimental.go.id yang saat ini belum jelas biaya operasionalnya yang pasti memakan biaya yang cukup besar dengan hasil yang sangat mengecewakan.

Inilah rincian pembuatan Website Revolusi Mental :

1. Resource Limit Is Reached

1

Entah paket seperti apa yang didaftarkan jelas IDWebHost memiliki paket idSuperCorporate mengapa tidak memilih paket yang seperti itu, yang memiliki bandwidth unlimited dengan harga Rp.690.000/bulan.

2

Pertanyaanya mengapa dengan anggaran yang begitu besar masih saja memilih “Paket Hemat” yang masih memiliki batas bandwidth.

2. Menggunakan CMS WordPress

3

Oke fine bila memang nyamannya menggunakan CMS yang powerfull seperti WordPress, namun apa tidak melihat-kah pemerintah kita rakyatnya ini memiliki orang-orang pintar yang berada di grup-grup programer yang membuat CMS sendiri, membuat framework sendiri, security yang jelas lebih secure karena sistem di buat sedemikian rupa agar lebih maksimal.

Orang indonesia itu sudah pada melek teknologi, untuk menginstall WordPress itu mudah hanya tinggal mendownload dan menginstallnya di webserver, lalu manajemen template, Finish!.

3. Clone Offical Website Barrack Obama

Ini yang lebih parah dan membuat saya kaget, ternyata tampilan website Revolusi Mental sama persis seperti website Barrack Obama.

www.barackobama.com & revolusimental.go.id

Hasil compare secara structure HTML & CSS di lihat dari inspect element 100% mirip

mirip

Berikut ini CSS yang digunakan website barack obama yaitu Monroe-Retoval.

github.com/galpratama/monroe-revotal

4. Re-Desain yang tidak teliti

terburu buru

Sudah bayar mahal kok masih ada element yang keluar jalur?

5. Terburu-buru dalam Development Website

Kinerja cepat memang bagus, tapi berbeda dengan website, bila mau cepat ya mau tidak mau harus Clone template website.

Agak susah memang mendiskusikannya secara langsung bila belum pernah merasakan membangun website sendiri dan terkadang tenaga IT di indonesia seakan dianggap mudah pekerjaanya.

6. Estimasi biaya yang fantastis

Biaya yang dikeluarkan masih jauh sebernarnya dari kata 1 Miliar, berikut rincian perkiraan estimasi Biaya Website Revolusi Mental.

Domain go.id kemungkinan di dapatkan GRATIS karena mendapatkan bantuan dari Kominfo atau kita bisa berasumsi biayanya Rp.500.000/tahun.

Hosting di IDWebHost Rp.390.000/bulan * 12 = Rp.4.600.000/tahun

CMS WordPress dengan biaya GRATIS Rp.0/tahun

Theme WordPress dengan biaya GRATIS Rp.0/tahun

Pembuatan Website dengan biaya asumsi Rp.10.000.000, sudah lebih dari cukup dalam pembuatan personal static website seperti itu karena tidak banyak menggunkan logika algoritma yang rumit, contohnya berbeda dengan membuat sosial media.

Maintenace Website dengan biaya sesuai UMR Jakarta 2015 Rp.2.693.000/orang, sebagai content writter, manajemen SEO, publikasi dll anggap 10 orang team, artinya Rp.2.693.000 * 10 berarti sekitar Rp.26.930.000/team * 12 = Rp.323.160.000/tahun

Bila dikalkulasikan :
Rp.500.000 + Rp.4.600.000 + Rp.323.160.000 = Rp.328.260.000/tahun

Parahnya lagi ketika Nusantarapost mengunjungi situs www.revolusimental.go.id hari ini pukul 04.00 dini hari Namun sayangnya, situs ini belum bisa diakses.

Capture