sekolah sampah

Nusantarapost.com – Sebagai generasi muda, ada baiknya kita menjadi generasi yang berguna dan bermanfaat bagi negara dan lingkungan sekitarnya. Hal ini lah yang saat ini dirasakan oleh Faiz Fachruddin. Sejak bergabung dengan TABAH (Tim Advokasi Arus Arus Bawah), sebuah lembaga yang membantu para kaum marjinal di daerah khusus Yogyakarta, pria yang berusia 35 tahun ini menjadi aktif dalam berbagai bentuk kegiatan yang bernuansa sosial dan pendidikan. Salah satu program kerja yang dia kerjakan adalah menjadi pendiri Sekolah Gajah Wong yang ada dikawasan Ledhok Timoho.

Sekolah Gajah Wong yang telah berdiri selama 5 tahun ini memang dikhususkan bagi kalangan bawah dikawasann Ledhok Timoho. Sekolah ini tentunya sangat membantu warga setempat untuk memutuskan rantaiĀ  kemiskinan dan kebodohan yang selama ini membelenggu mereka.

“Untuk memutus mata rantai kemiskinan harus ada pendidikan yang berkualitas. Karena dengan pendidikan yang berkualitas, kelak akan menghasilkan generasi-generasi yang lebih bagus lagi,” Jelas Faiz.

Untuk sementara Sekolah Gajah Wong ini masih berkonsentrasi untuk tingkat TK-PAUD dengan rentang usia anak 3-7 tahun. Sekolah ini sekarang tengah menaungi siswa sebanyak 38 anak dengan 5 pengajar. Anak-anak ini masuk dari senin sampai jum’at mulai dari jam 08.00-11.00. Sedangkan untuk anak usia SD – SMA, Sekolah gajah ini juga membentuk kelompok belajar di sore hari.

Sekolah ini ternyata juga menyimpan beberapa hal unik yang patut ditiru oleh beberapa lembaga-lembaga di Indonesia. Hal unik ini yakni konsep yyang diterapkan oleh Sekolah Gajah Wong ini. Sekolah Gajah Wong ini adalah sekolah yang berbasis masyarakat. Untuk biaya operasional sekolah, sekolah ini hanya menganjurkan anak untuk membersihkan sampah dan beternak kambing. Tentunya program ini tidak akan membebani setiap orang tua yang anaknya sedang menimba ilmu di sekolah tersebut.

Tidak hanya itu ternyata sekolah ini juga menyediakan konsep belajar mengajar bagi para orang tua siswa. Sekolah untuk orang tua ini berlangsung di hari sabtu di minggu kedua dan keempat setiap bulannya. Materi yang diterima para orang tua pun seputar tata cara mengasuh anak yang baik agar menjadi seorang pribadi yang tangguh dan cerdas.