upacara para hantu

NusantaraPost.com – Siapa biang yang merayakan kemerdekaan Indonesia itu hanya orang Indonesia. Setiap elemen yang terdapat di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia wajib memperingati hari kemerdekaan indonesia yang jatuh setiap tanggal 17 Agustus. Pada tahun ini Indonesia telah memperingati hari Kemerdekaan yang ke-70.

Dalam memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-70 ini ternyata dilakukan dengan berbagai cara yang unik oleh setiap elemen masyarakat. Seperti yang dilakukan oleh Warga Dusun Ngayunan, Desa Kedungringin, Beji, kabupaten Pasuruan ini.

Warga kampung ini melakukan upacara bendera dengan cara yang sangat unik dan kreatif. Para warga yang mengikuti upacara bendera ini diharuskan mengenakan kostum hantu. Berbagai atribute yang bernuansa hantu pun dikenakan oleh para penduduk desa disini. Upacara ini tidak hanya diikuti oleh orang dewasa. Namun juga diikuti oleh anak-anak dan para orang tua.

Upacara ini dipimpin langsung oleh kapten Demit yang bertindak sebagai Inspektur Upacara. Upacara bendera ini berlangsung khidmat layaknya upacara bendera secara formal. Para hantu seperti genderuwo, kuntilanak, sundelbolong, pocong,tuyul, dan lain lain bersama-sama menghormati Upacara bendera ini.

Meskipun para warga disini melakukan Upacara yang terbilang sangat konyol dengan menggunakan pakaian hantu, mereka tetap bisa melakukan upacara ini dengan sangat tenang dan khidmat. Kira-kira warga disini punya ide kreatif apalagi ya untuk upacara tahun depan..?

Dua jempol deh untuk warga Pasuruan.. hehehe