upacara bendera di sungai ciliwung

NusantaraPost.com – Memperingati hari kemerdekaan suatu negara memang sudah semestinya dilakukan oleh suatu bangsa yang menghuni didalamnya. Begitupun juga di Indonesia, semua kalangan pun juga pasti ingin rasanya memperingati hari kemerdekaan yang jatuh setiap tanggal 17 Agustus ini. Berbagai ide kreatif pun dilakukan oleh para masyarakat untuk memeriahkah hari kemerdekaan ini. Seperti yang dilakukan oleh ratusan warga Depok ini.

Untuk merayakan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-70 ini ratusan warga Depok menggelar upacara bendera ditengah Sungai Ciliwung. Upacara yang diadakan ditengah Sungai Ciliwung ini ternyata mengundang banyak perhatian dari berbagai kalangan. Upacara ini diikuti oleh Komunitas Ciliwung Depok (KCD), PNS dan ppelajar dari beberapa sekolah dikota tersebut.

Ketua Pelaksana Pengibar Bendera, Bayu Eko menegaskan bahwa Upacara ini memang bertujuan untuk membangkitkan rasa cinta alam pada setiap masyarakat agar tidak membuang sampah di sungai yang mengakibatkan rusaknya ekosistem sungai.

“Nilai perjuangan tidak hanya berkobar saat masa perjuanga. Tapi tetap harus ada dalam sanubari¬†masyarakat, termasuk dalam membebaskan Sungai Ciliwung dari kerusakan oleh alam dan terutama dari manusia” Ujarnya

Dalam beberapa kegiatan yang dilakukan oleh para komunitas dari relawan Ciliwung Depok kerap menemukan beberapakerusakan dan perusakan daerah aliran sungai (DAS) Ciliwung yang disebabkan oleh alam dan ulah tangan usil para manusia yang tidak bertanggung jawab.

Upacara ini berlangsung cukup khidmat seperti upacara pada umumnya.Kegiatan upacara ini sempat menjadi pusat perhatian bagi setiap pengguna jalan yang tengah melintasi jembatan Sungai Ciliwung.