Woman in pain on toilet in bathroom
Woman in pain on toilet in bathroom

NusantaraPost.com – Wasir atau Ambeien adalah salah satu penyakit yang sangat mengganggu, menurut ilmuan medis ambeien merupakan pembengkakan yang terjadi pada pembulu darah di anus atau bibir anus. penyakit ini di golongkan pada beberapa jenis yaitu ambeien internal dan eksternal, karena beda jenisnnya maka gejala yang ditimbulkan pun berbeda.

Penyebab ambeien sebenarnya belum pasti, tetapi banyak masyarakat yang menyimpulkan bahwa ambeien disebabkan oleh beberapa hal ini: pola makan tidak tratur (pedas dan bersantan), kurang berolahraga, faktor keturunan, penekanan pada aliran darah vena, perubahan hormon esterogen pada wanita hamil.

Berikut ini gejala penyakit ambeien.

1. terdapat bintil berwarna merah kebiruan disekitar anus
2. keluar darah ketika bab
3. kadang sakit pada punggung bagian bawah

Banyak cara yang bisa anda lakukan untuk mnyembuhkan ambeien. anda bisa melakukannya sendiri tanpa oprasi. dengan cara:

1. Konsumsi air putih
kurangnnya asupan cairan dalam tubuh adalah salah satu penyebab ambeien.minumlah air putih dengan cukup sebanyak 1,5 sampai 2 litr air dalam sehari.

2. Konsumsi makanan berserat
sayur, buah da biji-bijian. seperti buah pepaya yang baik untuk melancarkan bab.

3. Es batu
es batu membantu meredakan rasa nyeri dan mengurangi aliran darah yang mengalami pelebaran pada pembulu darah. caranya dengan memecahkan es batu menjadi kecil-kecil, kemudian dimasukkan kedalam plastik dan diselimuti dengan handuk, lalu duduk diatas kompresan es batu tersebut selama 10 menit dan lakukan setiap jam.

4. Membersihkan dubur
sebaiknya jangan menggunakan sabun ketika membersihkan anus, karena bisa membuat iritasi yang semakin parah.

5. Penyembuhan menggunakan lidah buaya
cara kerja lidah buaya memerikan rasa dingin untuk membantu mengurangi rasa panas pada dubur. cara membuatnya dengan menggunakan beberapa potong lidah buaya, ambil lendirnya, lalu oleskan pada ambeien.