Bahan kimia kosmetik

Nusantarapost.com – Mungkin banyak diantara kalian tidak bisa lepas dari make up atau kosmetik, tanpa make up rasanya tidak lengkap, bahkan sudah menjadi keharusan bagi wanita dimasa kini.

Karna ingin terlihat cantik banyak wanita yang rela membeli kosmetik yang harganya jutaan rupiah rupiah demi mendapatkan wajah cantik maksimal, tapi tidak sedikit juga yang tidak hati-hati katika membeli kosmetik, yang bukanya mendapat wajah cantik malah dapat penyakit.

Saat ini banyak beredar kosmetik ilegal yang beredar dipasaran tanpa melaui uju BPOM. dan penting untuk kita para cewek untuk mengetahui hal ini, berikut bahan berbahaya yang terdapat dalam kosmetik:

1. Hidrokinon
Bahan ini banyak digunakan pada produk kosmetik, berperan sebagai antioksidan yang dapat menghambat melanogenesis (proses pembentukan melanin) sehingga mengurangi flek hitam pada kulit. dalam dunia industri hidrokinon digunakan sebagai pewarna rambut dan cat kuku.

dampak dari hidrokinon adalah iritasi dan kulit terbakar, tapi yang paling berbahaya pada kosmetik yang mengandung bahan kimia ini adalah munculnya berbagai penyakit, seperti vitiligo (pigmen kulit hilang sehingga membentuk area putih seperti panu) hingga okronosis atau kulit yang berubah hitam atau biru.

2. Asam Retinoat / Tretinoin / Retinoic Acid (Retin –A)
bahan ini sering digunakan sebagi pengobatan jerawat, pemutih kulit, dan mengatasi kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari. penggunaan sistemik (misalnya peroral) asam retinoat memiliki efek teratogenik, yaitu menyebabkan abnormalitas perkembangan janin dalam kandungan, Serta dapat menyebabkan berbagai bentuk malformasi/ kecacatan pada janin.

3. Rhodamin B
adalah zat pewarna sintesis yang biasanya digunakan pada indutri tekstil. rhodamin B juga bersifat polar dan banyak digunakan pada kosmetik berbahaya.
bahan ini sangat berbahaya jika terkena kulit, terhirup, mengenai mata ataupun tertelan. akibat yang ditimbulakn adalah iritasi saluran pernafasan, iritasi pada kulit, iritasi mata, bahkan kanker hati.

4. Merkury
Akibat yang ditimbulkan merkury dalam kosmetik berbahaya antara lain : Alergi, perubahan warna kulit, bintik-bintik hitam pada kulit, iritasi kulit, kerusakan permanen pada susunan syaraf, otak, ginjal, gangguan perkembangan janin, paparan jangka pendek dalam dosis tinggi dapat menyebabkan muntah-muntah, diare dan kerusakan ginjal.
nah jadi sekarang kalian harus lebih berhati-hati jika memilih kosmetik, lihatlah dulu kandungan nya. pilihlah yang berbahan alami dan tidak berbahaya.

SHARE
Seorang Mahasiswi cantik yang hobi menulis Blog dan bercita -cita ingin menjadi seorang Blogger terkenal :D