Air-Terjun-Sedudo-Longsor

Nusantarapost.com – Pada saat liburan lebaran terjadi musibah longsor di Air Terjun Sedudo Desa Ngliman Kecamatan Sawahan Kabupaten Nganjuk Jawa timur, kejadian ini menelan korban jiwa. Longsor terjadi pada selasa (21/7/15) pukul 16.00 WIB. Air terjun Sedudo merupakan area wisata bagi masyarakat Nganjuk, sehingga saat peristiwa terjadi, Air terjun sedang dalam keadaan ramai pengunjung.

Menurut informasi yang di peroleh dari BNPBB, kronologi longsor di air terjun Sedudo dengan ketinggian 105 meter berupa pohon tumbang diameter 0,15 meter dan panjang 2,5 meter disertai batu kecil diameter 10 cm.

Akibat kejadian Longsor ini terdapat korban jiwa yaitu 3 orang meninggal dunia, 5 orang luka berat dan 7 orang luka ringan. Berikut ini kronologi longsor di Air Terjun Sedudo Nganjuk, yang berhasil kami himpun dari berbagai sumber:

  • Pukul 15.30 WIB pengunjung sudah memadati lokasi wisata air terjun Sedudo.
  • Pukul 16.00 WIB terjadi musibah longsor berupa pohon disertai batu kecil dari atas air terjun
  • Sedudo, sehingga menjatuhi para wisatawan yang sedang berenang di air terjun.
  • Pukul 16.30 WIB korban dievakuasi ke RSUD Kabupaten Nganjuk.

Sementara itu 3 korban jiwa yang meninggal dunia berasal dari Surabaya dan Tulungagung berikut ini daftar korban :

  • Subkhan Anang Mashuro (35) warga Jl. Jeporo 10 / 36 Surabaya.
  • Sofyan Sahuri (26) Jl. Kapas Jaya Surabaya.
  • Hendra Pramono setyawan (12) Jl Diponegoro 17 Karangwaru Tulungagung.

Menurut keterangan dari pihak Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), tebing longsor tidak diakibatkan oleh faktor cuaca seperti hujan atau angin melainkan tumbangnya pohon kering yang disertai dengan batu dan material. Longsoran tersebut kemudian menjatuhi wisatawan yang sedang berenang di kawasan air terjun.

Pasca insiden tersebut aparat kepolisian menutup sementara kawasan wisata Air Terjun Sedudo. Kegiatan wisata akan kembali dibuka sampai ada kepastian tempat tersebut aman bagi wisatawan. Kepastian tersebut akan dikeluarkan oleh pihak Dinas Pariwisata. Kepolisian masih melakukan penyelidikan atas tragedi yang menewaskan tiga orang tersebut.

air terjun sedudo, air sedudo jawa, longsor sedudo ngliman nganjuk, longaor di obyek wisata air terjun sedudo nganjuk jawa timur, foto korban air terjun sedudo pada hari selasa, berita sedudo nganjuk, air terjun serdudo, air terjun sedudo nganjuk jawa timur, air terjun sedudo jatim, sedudo nganjuk jawa timur

sumber (aktualpost)