Kemenpora dalam acara diskusi kamisan sumber google.co.id
Kemenpora dalam acara diskusi kamisan sumber google.co.id

Nusanarapost.com – PSSI terus berusaha melobi FIFA agar tak menjatuhkan sanksi. Namun FIFA tetap berkukuh karena Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi tak kunjung mencabut surat pembekuan PSSI.

Dalam Sidang Komite Eksekutif FIFA di Zurich, Swiss, federasi sepak bola internasional ini memutuskan mengganjar sanksi kepada Indonesia karena dinilai melakukan intervensi terhadap Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI). Tak ada batas waktu yang ditetapkan.

FIFA masih memberi kesempatan kepada tim sepak bola Indonesia untuk ikut dalam SEA Games 2015 di Singapura, Juni mendatang. 

Sekretaris Jenderal PSSI Azwan Karim mengatakan sanksi dari FIFA akan berdampak pada beberapa kegiatan sepak bola nasional yang sudah diagendakan. “Seperti Piala AFF U-19, Indonesia terancam batal menjadi tuan rumah,” kata Azwan, yang tengah berada di Swiss, saat dihubungi via telepon. sumber tempo.co

FIFA resmi menjatuhkan sanksi kepada Indonesia setelah mengadakan rapat pertama usai terpilihnya kembali Sepp Blatter sebagai presiden. Keputusan itu diambil lantaran FIFA menilai pemerintah Indonesia mengintervensi PSSI.

Namun, sanksi tersebut tak berdampak untuk Timnas U-23 yang saat ini sudah tiba di Singapura. Mereka dipastikan bisa tampil di SEA Games 2015.

Penjatuhan sanksi FIFA hanya berdampak pada pelarangan timnas dan klub Indonesia untuk bermain di kancah internasional yang diselenggarakan oleh FIFA dan Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC).