Menteri PPN/ Bappenas Sedang Memaparkan Tentang Kesetaraan Gender
Menteri PPN/ Bappenas Sedang Memaparkan Tentang Kesetaraan Gender Sumber Gambar BAPPENAS

Nusantarapost.com – Menteri PPN/Kepala Bappenas Andrinof Chaniago membuka Konferensi Nasional Perempuan Inspirasi Perubahan di Gedung Nusantara IV, Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia, Rabu (20/5). Konferensi bertema Peran Anggota Legislatif dalam Penghapusan Pemiskinan Perempuan Indonesia tersebut turut dihadiri Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah RI periode 2014-2015 Farouk Muhammad.

Dalam pidatonya, Menteri Andrinof menyebut salah satu tantangan utama dalam pemerintahan lima tahun ke depan adalah mengatasi permasalahan gender di bidang ekonomi atau ketenagakerjaan. Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja (TPAK) perempuan tidak banyak mengalami peningkatan dalam dekade terakhir dan tetap berada dalam kisaran angka 50 persen. Selain itu, upah atau pendapatan pekerja perempuan jauh lebih rendah dari laki-laki secara rata-rata, yaitu Rp 1,427 juta untuk perempuan dan Rp 1,795 juta untuk laki-laki pada tahun 2013.

Lebih jauh, sekitar 30 persen pekerja perempuan masuk dalam golongan pekerja tidak dibayar. Fakta bahwa sebagian besar penduduk miskin adalah perempuan juga harus disadari oleh semua pihak. “Untuk itu, sistem ketenagakerjaan mesti dibangun sehingga dapat mendorong perempuan yang jumlahnya sama banyak dengan penduduk laki-laki untuk lebih berpartisipasi aktif dalam perekonomian,” ujar Andrinof.

Peningkatan kualitas hidup dan peran perempuan di berbagai pembangunan diwujudkan melalui tiga strategi utama. Pertama, melalui peningkatan pemahaman dan komitmen para pelaku pembangunan tentang pentingnya pengintegrasian perspektif gender dalam berbagai tahapan, proses, dan bidang pembangunan, di tingkat nasional maupun daerah.

Kedua, penerapan Perencanaan dan Penganggaran yang Responsif Gender (PPRG) di berbagai bidang pembangunan, baik di tingkat nasional maupun daerah. Ketiga, peningkatan pemahaman masyarakat dan dunia usaha tentang kesetaraan gender. sumber bappenas.go.id