Siap Saingi WhatsApp, Google Kini Perkenalkan Google Allo

237

Sumber : Google

Nusantarapost.com Pada acara tahunan yang digelar dengan tajuk Google I/O dari Google, pada acara ini perusahaan raksasa tersebut, telah memperkenalkan sebuah aplikasi chat baru yang mereka usung dengan nama Allo. Aplikasi baru dari Google tersebut bahkan disebut-sebut akan menjadi aplikasi pesain WhatsApp yang telah lebih dulu meluncur di dunia pesan singkat.

Lihat Juga : Inilah 7 Produk Baru Google Yang Diperkenalkan Lewat Google I/O

Aplikasi Allo Google ini dilengkapi oleh beberapa fitur misalnya saja seperti integrasi Google Assistant, pengenal foto dan mode incognito. Selain itu, Allo juga akan diberikan dukungan oleh adanya jaringan dan mesin pencari Google untuk dapat memberikan suguhan percakapan yang lebih cerdas lagi.

Allo juga memanfaatkan riwayat percakapan untuk menghadirkan saran jawaban yang diklaim lebih sesuai untuk merespon percakapan penggunanya. Respon akan dipersonalisasikan berdasar bagaimana percakapan perilaku penggunanya.

Disisi lain pula, adanya mode incognito yang ada pada aplikasi ini dilengkapi dengan enkripsi end-to-end, kadaluarsa pesan dan notifikasi personal. Dijelaskan pula oleh Google bahwa ketika pengguna menonaktifkan aplikasi ini, maka percakapan akan dihapus secara otomatis dan tanpa back up, hal ini sesuai untuk percakapan yang memiliki sifat lebih pribadi.

Disebutkan pula oleh The Verge bahwa mode incognito apabila alikasi ini dikembangkan oleh Open Whisper Systems, dan dibuat berbasis protokol Signal menyematkan sistem enkripsi yang kuat kepada mode incognito yang mendukung Allo.

Dengan adanya dukungan teknologi enskripsi Open Whisper System juga merupakan pembeda dari aplikasi Allo dengan aplikasi serupa yaitu WhatsApp. Disebutkan oleh Google bahwa pesan yang dikirimkan via Allo tidak akan dienkripsi default, dan pengguna bisa berganti dari saluran pribadi ke saluran tidak terlindung dengan mudah.

Sementara itu, WhatsApp tidak memberikan izin pengguna untuk melakukan downgrade pada saluran yang tidak terlindung usai terhubung ke jaringan yang aman.

Disebutkan pula bahwa Open Whisper Systems juga akan menyediakan informasi teknos yang lebih detil, ketika aplikasi diluncurkan. Dijadwalkan bahwa apliaksi ini akan tersedia untuk perangkat Android dan iOS pada akhir tahun 2016 ini.

Aplikasi Goolg Allo sendiri diperkenalkan oleh Google pada acara Google I/O bersama dengan satu lagi aplikasi yang sesuai dengan penggunanya yang gmear bersosial media yaitu aplikasi Duo. Apabila Allo merupakan aplikasi chatting, maka Duo merupakan sebuah aplikasi video calling. Kedua aplikasi ini memiliki berbegai hal menarik dan rugi sekali untuk dilewatkan. Aplikasi ini kabarnya akan meluncur pada bulan Juni 2016 mendatang, kita nantikan saja.

Hal paling unik pada Duo adalah mode Knock Knock, yaitu menampilkan video sebelum teman kamu menerima panggilan. Hal ini bisa kamu gunakan untuk membuat teman kamu lebih semangat menerima panggilan atau pembuka topik obrolan dan diskusi dengan teknologi panggilan video.

Google juga mengklaim Duo dapat digunakan pada koneksi internet yang kurang stabil. Bahkan ada mode pengaturan dan informasi yang jelas mengenai jenis koneksi panggilan video (resolusi hingga 720p) yang kamu gunakan – apakah dari Cellular Data atau Wi-Fi. Catatan terakhir yang diberikan Google mengenai Duo adalah layanan ini sudah menggunakan teknologi end-to-end encryption – jadi kamu tidak perlu khawatir akan masalah privasi pengguna.

Share.