Nokia Siap Kembali ke Pasar Smartphone dan Tablet Bersama HMD

229 liputan 6

Sumber : Liputan 6

Nusantarapost.com Brand Nokia, merupakan salah satu brand smartphone yang namanya sudah tak asing lagi untuk kita dengar. Brand yang satu ini merupakan suatu brand yang berhasil mendulang kesuksesan dan kejayaan di tahun 2000-an, namun hal tersebut tak berlangsung lama setelah banyaknya brand-brand smartphone baru yang kini sudah mulai bermunculan hingga akhirnya membuat Nokia runtuh bahkan seperti menghilang ditelan bumi.

Lihat Juga : Nvidia Siapkan Tablet Game Penerus Tablet Shield

Hal tersebut membuat Nokia akhirnya mengundurkan diri dari dunia industri ponsel dan gadget. Namun, baru-baru ini terdengar berita menghebohkan, dimana disebutkan bahwa kini Nokia kembali bangkit masuk dalam industri pasar smartphone dan gadget dengan menghadirkan jejeran ponsel dan tablet.

Akan tetapi kali ini, Nokia tak sendirian. Melaikan Nokia Technologies akan kembali hadir dalam dunia ponsel dan tablet dengan menggandeng kerjasama bersama dengan HMD, untuk kembali membesarkan namanya seperti dulu. Nokia akan terjun kembali dalam industri smartphone dan tablet. Hal ini juga diperkuat dengan adanya sebuah pernyataan bahwa perusahaan Nokia Technologies yang kini sudah dibeli oleh Foxconn dari Microsoft.

Disebutkan dari laporan Phone Arena pada Rabu, 18 Mei 2016 kemarinya bahwa dalam waktu yang tak akan lama ini, kita akan segera melihat perangkat mobile yang membawa brand atau merek Nokia kembali. Hal tersebut telah ditandai oleh adanya akuisisi Nokia oleh FIH Mobile Ltd, dimana merupakan sebuah anak perusahaan Foxconn. Tak hanya itu saja, perusahaan yang berasal dari Finlandia HMD Global juga turut serta dalam akuisisi mengenai ponsel brand Nokia tersebut.

Dengan adanya sebuah persetujuan dari beberapa perusahaan ini, maka bisa dikatakan bahwa saat ini HMD Global bisa mendapatkan sebuah hak akses fasilitan manufaktur untuk perangkat mobile dan dapat mengendalikan atas sejumlah karyawan yang berjumlah 4500 staff ini dimana sebelumnya memproduksi ponsel fitur dengan merek Nokia.

Usai mendapatkan merek Nokia, kini perusahaan berbasis di Finlandia tersebut akhirnya membeberkan mengnai tentang perusahaannya yang dalam waktu ini akan segera memproduksi jejeran perangkat smartphone dan tablet.

Nantinya, jejeran perangkat tersebut akan dihadirkan dengan membawa brand Nokia yang memang sudah tak asing lagi namanya bagi telinga seluruh orang di dunia ini, dengan begitu maka tentu pihak MHD sendiri tak akan menemukan kesulitan untuk memakai nama merek Nokia meskipun baru, dan Microsoft juga telah memberikan izin mengenai pemakaian nama pada merek tablet dan smartphone Nokia yang ada di seluruh dunia.

Dari kerjasama yang terjalin antara HMD dan Nokia ini, HMD sendiri menjanjikan bahwa nantinya akan mencairkan dana investasi sebesar $500 juta atau jika dirupiahkan berkisar Rp 6,6 triliun, dana ini akan diturunkan paling tidak dalam waktu tiga tahun kedepan.

Hal tersebut dilakukan untuk mendukung pemasaran ponsel dan tablet dengan brand Nokia di seluruh dunia. Perusahaan mengklaim bahwa itu didedikasikan untuk memberikan desain yang indah, produk berkualitas tinggi, yang sejalan dengan mini Nokia.

Presiden HMD pada saat penutupan transaksi adalah Floria Seiche, saat ini menjabat sebagai Wakil Presiden Senior untuk Penjualan dan Pemasaran Eropa di Microsoft Mobile, sebelumnya lagi Seiche pernah memegang beberapa posisi penting di Nokia, HTC dan merek-merek global lainnya.

“Hari ini menandai awal dari babak baru yang menarik dari merek Nokia dalam sebuah industri di mana nama Nokia bertahan sebagai ikon sejati. Alih-alih Nokia kembali memanufaktur sendiri ponselnya, HMD berencana untuk memproduksi ponsel dan tablet selular yang dapat memanfaatkan serta meningkatkan nilai merek Nokia di pasar-pasar global. Bekerja bersama dengan HMD dan FIH memungkinkan kami berpartisipasi di salah satu pasar elektronik konsumen terbesar di dunia seraya tetap setia kepada model bisnis lisensi kami,” kata Presiden Nokia Technologies Ramzi Haidamus.

Share.