Google Daydream, Android Versi Virtual Reality Penerus dari Google Cardboard

233

Sumber : Google

Nusantarapost.com Google selama ini dikenal sebagai perusahaan raksasa yang bergerak dalam bidang teknologi, dengan menyandang embel-embel raksasa tersebut tentu saja Google seakan tiada hentinya dalam membuat berbagai inovasi baru dalam dunia teknologi yang saat ini sedang mengalami perkembangan begitu pesat. Itupulalah yang menjadi pendorong Google yang akhirnya mendatangkan sebuah perangkat Virtual Reality yang mereka usung dengan nama Google Daydream.

Lihat Juga : Nokia Siap Kembali ke Pasar Smartphone dan Tablet Bersama HMD

Sebenarnya, perangkat platform yang disebut-sebut akan membawa virtual reality tersebut telah lama menjadi bahan pembicaraan publik. Rumor mengenai perangkat ini telah lama didengar oleh telinga kita. Dan kini secara resmi Google pun akhirnya memperkenalkan perangkat virtual reality tersebut dalam pegelaran acara tahunan Google yang bertajuk Google I/O 2016 yang berlangsung beberapa waktu. Memang setiap tahunnya selalu ada saja hal yang baru yang dibawa oleh Google dalam pegelaran acara tahunan ini.

Kejutan perangkat Virtual Reality dengan nama Google Daydream tersebut seolah-olah menjadi kejutan tersendiri dari Google untuk para penggemarnya di acara Google I/O 2016. Google Daydream seakan-akan menjad perangkat virtual reality penerus dari Cardboard garapan Google, istimewanya untuk perangkta virtual reality yang dibangun oleh Google ini akan dibanderol dengan harga murah meriah.

Platform virtual reality bebasis Android N ini merupakan sebuah aplikasi yang khusus untuk dapat memberikan konten virtual reality yang berasal ari Google dan nantinya akan tersedia pula di Google Play Store, pasar aplikasi untuk smartphone dan perangkat yang berbasis Android.

Akan tetapi, disebutkan pula oleh Google bahwa nantinya tidak bisa semua jenis smartphone mendukung unutk dapat menjalankan platform Daydream tersebut. Hal tersebut dikarenakan pihak Google sendiri telah menentukan standar yang khusus untuk dapat mendukung Google Daydream dapat berjalan pada perangkat smartphone Android. Platform ini nantinya hanya bisa dijalankan lewat ponsel pintar terbaru yang telah mendapatkan sertifikasi “Daydream ready”, sehingga bisa menikmati bagaimana pengalaman baru yang akan diberikan oleh aplikasi Daydream tersebut.

Terdapat beberapa aplikasi standar dan juga aplikasi basic yang dapat dinikmati secara 360 derajat, sebut saja misalnya Google Street View, Google Photos, Youtube, sampai pada aplikasi dan game-game khusus lainnnya yang memang dibuat untuk platform Daydream. Nantinya, dengan menjalankan dukungan dari Google Daydream tersebut, semua konten ini akan dijalankan secara bentuk 3D yang cukup memberikan kenyamanan dan keseruan untuk para pengguna smartphone.

Tak hanya memberikan syarat berupa dukungan smartphone, untuk dapat menjalankan aplikasi Google Daydream ini nantinya dibutuhkan pula dukungan lain dari headset VR khusus plus sebuah remote controller untuk dapat menikmati sensasi virtual reality yang disajikan oleh Daydream.

Oleh karena itu, Google pun juga telah menciptakan sebuah desain berupa desain headset virtual reality yang dapat dijadikan sebagai acuan untuk para produsen lain apabila mereka ingin membuat hal serupa. Headset tersebut nantinya akan disertai dengan adanya tombol fisik dan juga sebuah touchpad yang sama seperti yang dimiliki oleh Samsung yaitu Samsung Gear VR, Google Daydream ini seperinya baru akan hadir pada akhir tahun 2016 ini di pasaran teknologi.

Share.