HUT Kemerdekaan RI Ke 71, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir Beri Kado Medali Emas Untuk Indonesia

HUT Kemerdekaan RI Ke 71, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir Beri Kado Medali Emas Untuk Indonesia
Nusantarapost.com Indonesia patut bangga terhadap dua nama ini yaitu Tontowi Ahmad dan Liliyana. Kedua atlet muda berbakat tersebut berhasil mengantongi medali emas dalam ajang bergengsi Olimpiade 2016. Merupakan sebuah kado terindah di Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 71 berlangsung, Rabu, 17 Agustus 2016 kemarin.

Pasangan ganda campuran Indonesia Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir meraih medali emas Olimpiade setelah mengalahkan pasangan Malaysia Chan Peng Soon/Goh Liu Ying.

Kebanggaan tersendiri bagi Indonesia karena dihari yang spesial HUT Kemerdekaan RI, ganda campuran pasangan dar Indoneisa ini dapat menghadiahkan medali emas pertama dalam Olimpiade 2016 di cabang bulu tangkis tersebut.

Pertandingan ini berlansung di Riocentro, Pavilion 4 pada Rabu 17 Agustus 2016 kemarin, tepat dihari Kemerdekaan Republi Indonesia waktu malam WIB.

Dalam pertandingan tersebut, Tontowi/Liliyana membutuhkan waktu 45 menit untuk bisa mengalahkan Chan/Goh 21-14, 21-12.

“Ini kado terindah dari Tuhan, kado ini saya berikan untuk Indonesia yang sedang merayakan kemerdekaan,” ujar Tontowi Ahmad usai meraih medali emas bersama Liliyana Natsir.

Presiden Indonesia, Joko Widodo melalui akun twitternya Joko Widodo@jokowi langsung memberikan ucapan selamatnya usai Tontowi/Liliyana meraih medali emas.

“Akhirnya kita dengar Indonesia Raya di Olimpiade Rio de Janeiro 2016. Medali Emas dari Tontowi Ahmad & Liliyana Natsir. Selamat-Jkw,” tulis orang nomor satu di Indonesia tersebut.

Pasangan yang kerap disapa Owi/Butet hanya butuh dua game 21-14 dan 21-12 untuk memastikan medali emas Indonesia. Owi/Butet memang tmapil penuh determinasi, terutama pada set pertama. Meski pasangan Malaysia lebih dulu membuka angka, namun Tontowi/Liliyana mampu mengatasi keadaan dan mengendalikan permainan.

Peraihan medali emas ini menjadi yang pertama untuk Indonesia dalam Olimpiade di cabang badminton di nomor ganda campuran. Diketahui sebelumnya bahwa Indonesia sempat meraih emas dari nomor tunggal putra sebanyak dua emas, tunggal putri satu emas dan untuk ganda putra tiga emas, tentu merupakan suatu yang sangat membanggakan dan mengharumkan nama Tanah Air.

Kesuksesan yang diraih oleh atlet Indonesia tersebut juga dapat memanjangkan rekor kemenangan Owi dan Butet atas sang lawan pasangan dari Malaysia yaitu Chan Peng Soon dan Goh Liu Ying.

Dimana dalam sembilan kali pertemuan terakhir kedua pasangan ini selalu berhasil dalam menaklukkan permainan dalam delapan kali kemenangan yang diraihnya.

Share.