WhatsApp Lakukan Uji Coba Fitur Baru Panggilan Video

15

Sumber : Google

Nusantarapost.com Aplikasi sosial media WhatsApp, sejak akhir tahun 2014 lalu sudah secara resmi mendapat akuisisi dari Facebook yang telah berhasil membelinya. Aplikasi ini merupakan aplikasi pesan singkat tak hanya berupa pesan teks saja, namun seiring bertambah pesatnya perkembangan teknologi WhatsApp pun juga tak ada hentinya dalam memberikan banyak pembaruan dan tamabahan fitur menarik seperti yang baru-baru ini dirumorkan bahwa WhatsApp akan membuat fitur panggilan video.

Memang, semanjak mendapatkan akuisisi dari Facebook, layanan pesan singkat WhatsApp seakan-akan tiada hentinya dlam melakukan berbagai inovasi supaya bisa meraup banyak peminat dan pengguna baru. Layanan ini kini dikabarkan akan mengusung tiga fitur terbaru yang berupa voicemail, call back dan berbagi berkas dengan menggunakan format zip.

Akan tetapi, ketiga fitur baru yang disiapkan oleh WhatsApp tersebut belum diketahui kapan akan dirilis secara resmi ke aplikasinya. Dilansir dari laman Firspost pada Senin, 16 Mei 2016 kemarin menyebutkan bahwa saat ini para pengguna WhatsApp sudah dapat melakukan panggilan suara secara gratis, sejak tahun 2015 kemarin. Akan tetapi, seakan ingin menambah rasa kepuasan penggunanya, WhatsApp berniat untuk meluncurkan fitur baru yaitu sebuah layanan panggilan video yang bisa dilakukan oleh sesama pengguna WhatsApp.

Sebenarnya, rumor yang menyebutkan bahwa akan ada fitur baru berupa fitur panggilan video atau video chat di WhatsApp ini sudah sekian lama beredar, bahkan pada tahun 2015 lalu tepatnya, beredar beberapa tangkapan layar mengenai fitur terbaru WhatsApp tersebut. Akan tetapi, sampai sekarang ini, masih belum ada gelagat dari WhatsApp untuk membuat jadwal mengenai peluncuran fitur baru tersebut.

Disebutkan bahwa saat ini fitur tersebut masih dalam tahapan uji coba. Dalam tahap pengujian ini, fitur video call tersebut hanya tersedia untuk mereka yang sudah mendaftar aplikasi WhatsApp dalam program beta. Jadi hanya WhatsApp dengan versi beta yang bisa menerima fitur baru tersebut untuk saat ini karena masih dalam masa pengujian.

Akan tetapi, bagi para pengguna WhatsApp Android yang ingin mencoba fitur terbaru panggilan video ini, pengguna dapat melaukannya dengan menemui tautan WhatsApp beta via Google. Contohnya saja dengan mengunduh aplikasi WhatsApp versi 2.16.80 APK.

Untuk cara kerjanya sendiri, fitur ini memiliki cara kerja yang sangat sederhana. Seperti pada versi yang sebelumnya, pengguna hanya bisa memilih panggilan suara saat tombol call diketuk pada suatu kontak di WhatsApp, namun dalam versi WhatsApp beta saat ini, jika mengetuk tombol call, maka akan memunculkan menu pilihan berupa panggilan suara dan panggilan video atau video call.

Dengan adanya fitur terbaru di WhatsApp yang berupa fitur panggilan video ini, maka akan menambahkan sensasi komunikasi anda semakin menarik lagi. Seperti diketahui bahwa saat ini fitur panggilan video atau video chat tak hanya dilakukan oleh WhatsApp saja yang masih dalam uji coba. Namun, aplikasi layanan sosial media serupa lainnya sebut saja seperti LINE, Skype, Hangout, Facebook Messenger dan aplikasi lain telah menyematkan adanya fitur ini lebih awal.

Namun, WhatsApp dapat dikatakan tidak bisa dianggap remeh, pasalnya aplikasi pesan singkat yang berlogo warna hijau tersebut telah memiliki sebanyak lebih dari 1 miliar pengguna dan diyakini akan terus mengalami pertambahan pengguna.

Jumlah pengguna aktifnya meningkat sebanyak 100 juta orang hanya dalam kurun kurang dari lima bulan. Pada awal September lalu, WhatsApp mengumumkan telah mempunyai 900 juta pengguna aktif.

Disebutkan oleh IndianExpress bahwa untuk sekarang ini fitur panggilan video merupakan salah satu fitur yang masih memiliki manfaat begitu tinggi. Terlebih lagi, fitur tersebut sudah bisa diaplikasikan pada beberapa layanan media sosial lain dan menjadi populer saat ini digunakan oleh pengguna.

Share.