Inilah Arti Penting Kemerdekaan Bagi Bangsa Indonesia

Inilah Arti Penting Kemerdekaan Bagi Bangsa Indonesia
Nusantarapost.com Negara Indonesia merupakan negara yang merdeka semenjak menyatakan diri sebagai negara merdeka pada 17 Agustus 1945 dipimpin oleh Soekarno-Hatta. Jadi, di tahun 2016 ini, memasuki tanggal 17 Agustus 2016 Indonesia genap berulang tahun kemerdekaan yang ke 71 tahun.

Tentu bukanlah hal mudah untuk dapat mencapai kemerdekaan. Bahkan perjuangan tidak boleh berhenti dan diteruskan sampai sekarang untuk dapat mempertahankan kemerdekaan Tanah Air tercinta ini. Dimana dulu kala para pahlawan rela mengobankan segala hal yang mereka miliki hanya untuk memerdekakan Indonesia dan membebaskan kesengsaraan rakyat dari tangan penjajahan.

Kemerdekaan senantiasa mempunyai arti yang sangat penting bagi kehidupan suatu bangsa, termasuk Indonesia. Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dan pengakuannya oleh dunia telah didapatkan bangsa ini dengan perjuangan berat tak kenal pamrih.

Dalam hal ini kemerdekaan Indonesia mempunyai beberapa arti penting, antara lain:

1. Proklamasi Kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945, merupakan puncak perjuangan bangsa ini. Jadi, serangkaian perjuangan menentang kaum penjajah akhirnya akan mencapai pada suatu puncak, yakni kemerdekaan.

2. Dengan kemerdekaan, berarti bangsa Indonesia mendapatkan suatu kebebasan. Bebas dari segala bentuk penindasan dan penguasaan bangsa asing. Bebas menentukan nasib bangsa sendiri. Hal ini berarti bahwa Bangsa Indonesia merupakan bangsa yang berdaulat, bangsa yang harus memliki tanggung jawab sendiri dalam hidup berbangsa dan bernegara.

3. Kemerdekaan adalah “jembatan emas” atau merupakan pintu gerbang untuk menuju masyarakat adil dan makmur. Jadi, dengan kemerdekaan itu bukan berarti perjuangan bangsa sudah selesai. Tetapi, justru muncul tantangan baru untuk mempertahankan dan mengisinya dengan berbagai kegiatan pembangunan.

Merdeka, bukan berarti perjuangan selesai. Justru merupakan sebuah awal perjuangan rakyat untuk melanjutkan dan mempertahankan kemerdekaan. Masyarakat harus terus berjuang untuk dapat memakmurkan kehidupan masyarakat selanjutnya supaya perjuangan pahlawan yang telah gugur mendahului kita tidaklah sia-sia.

Dengan modal kemerdekaan, suatu bangsa akan memiliki harga diri dan dapat bersama-sama duduk saling berdampingan dengan bangsa-bangsa di dunia. Memiliki harkat martabat yang sama tanpa diinjak-injak oleh negara lain seperti para penjajah di masa lampau yang terjadi di Indonesia.

Share.