Qualcomm Kerjakan Generasi Penesur Snapdragon 652

Qualcomm Kerjakan Generasi Penesur Snapdragon 652
Nusantarapost.com Chipset merupakan sebuah otak dalam smartphone dan gadget lain yang saat ini sedang banyak dikembangkan. Qualcomm diketahui merupakan salah satu pembuat chipset ternama dan berkalas saat ini. Salah satu chipset yang dibuat oleh Qualcomm adalah Snapdragon 652 yang merupakan chip mobile papan tengah besutan Qualcomm.

Saat ini, disebut-sebut bahwa Qualcomm tengah mempersiapkan garapan chipet generasi terbari dari Snapdragon 652 dalam waktu dekat. Tentu ini merupakan hal yang ditunggu oleh para vendor smartphone dunia.

Seperti yang dikutip dari dokumen ekspor-impor India, laporan yang dibawa oleh Phone Arena pada Senin, 15 Agustus 2016 kemarin menyebutkan bahwa sebanyak 58 unit chip yang memiliki kode nama “MSM8976SG” tersebut dikapalkan ke India dari Amerika Serikat untuk keperluan pengujian.

Sedangkan untuk chipset Snapdragon 652 diketahui memiliki kode nama MSM8976. Digaan kuat bahwa Qualcomm sedang mengembangkan penerusnya didasarkan pada kemiripan kode nama chip dalam dokumen eskpor-impor dengan kode nama Snapdragon 652.

Untuk masing-masing chipset yang siap dikapalkan untuk negara Bollywood tersebut sebelumnya diberikan valuasi senilai 51 dollar AS (Rp 668.000). Jadi, pengapalan itu memiliki nilai total sebesar 2.958 dollar AS (Rp 38,7 juta).

Di dalam dokumen tersebut juga diketahui ada tulisan apabila chipset ini diduga sebagai penerus Snapdragon dan mengusung CPU 8 core/octa core (4+4). Versi baru dari Snapdragon 652 itu akan memiliki dukungan clock speed 2GHz / 1.4GHz 4 + 4 core, mendukung spesifikasi GPU 621MHz, dan ada dukungan untuk tampilan layar dengan resolusi 1440 x 2560 piksel dan 8GB DDR4 RAM.

Akan tetapi, kecepatan clock CPU-nya ditingkatkan dari 1,8 GHz menjadi 2 GHz dan 1,4 GHz untuk masing-masing cluster berisi empat core. Ada pula GPU berfrekuensi 621 MHz dan dukungan RAM DDR4 8 GB.

Snapdragon 652 sendiri saat ini digunakan di sejumlah gadget kelas mainstream dari beberapa vendor Android, termasuk Samsung Galaxy A9 dan A9 Pro (2016), LG G5 SE, Oppo R9 Plus, dan Asus Zenfone 3 Ultra.

Namun hingga sejauh ini belum ada informasi lebih lanjut dan keterangan resmi mengenai kapan Snapdragon MSM8976SG akan diresmikan olehj pihak Qualcomm sendiri, akan tetapi menurut kabar yang saat ini terdengar, disebutkan bahwa Snapdragon terbaru ini sedang dalam masa proses pengujian chip processor ini masih berlangsung hingga saat ini.

Share.