Hasil Final Leg Pertama Timnas Indonesia vs Thailand Skor Akhir 2-1 Piala AFF Suzuki Cup Rabu 14 Desember 2016

Indonesia vs ThailandPada partai final di leg pertama ajang Piala AFF Suzuki Cup 2016 yang berlangsung pada hari Rabu (14/12) kemarin di Stadion Pakansari Bogor, Indonesia mampu berbalik unggul hingga akhirnya berhasil meraih kemenangan 2-1 atas tamunya Thailand.

Sejak dimulainya babak pertama kedua tim tampil dengan tempo permainan yang cukup tinggi, akan tetapi hingga 15 menit awal justru skuad berjuluk The War Elephants yang lebih banyak mengancam gawang Kurnia Meiga dengan tiga kali percobaan serangan ke gawang. Pada menit ke 17′ kubu Garuda sempat melancarkan serangan ke kubu lawan lewat Stefano Lilipaly namun masih belum bisa mengancam gawang yang dijaga Kawin Thamsatchanan. Setelah sebelumnya terjadi benturan dengan Kroekit Thawikan, Andik Vermansah harus ditarik keluar akibat cedera hamstring usai bertabrakkan dengan Sarach Yooyen pada menit ke 19′ dan digantikan Zulham Zamrun. Hingga 30 menit babak pertama, kubu Garuda lebih banyak mengusai bola namun sserangan mereka selalu bisa dipatahkan pemain bertahan Thailand.

Menginjak menit ke 33′ tim tamu akhirnya berhasil unggul 1-0 terlebih dahulu lewat gol yang dicetak penyerang mereka Teerasil Dangda yang sontak mengejutkan kubu tuan rumah. Tiga menit berselang Boas sempat kembali memberikan ancaman namun sayangnya tak juga membuahkan gol balasan. Thailand justru kembali membombardir barisan pertahanan tuan rumah, hingga pada menit ke 40′ gilran Chanathip Songkrasin yang memberikan ancaman namun masih bisa diantisipasi Kurnia Meiga. Skor 0-1 untuk keunggulan Thailand berakhir hingga 45 menit babak pertama usai. Di babak kedua skuad asuhan Alfred Riedl justru lebih banyak kehilangan bola, kesempatan untuk membalas harus berujung pada kegagalan akibat kurangnya koordinasi antar pemain sehingga kubu Garuda lebih banyak tertekan lewat serangan yang dilancarkan tamunya Thailand.

Berawal dari skema serangan balik, pada menit ke 65′ Rizky Pora berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1 setelah tendangan keras yang dilepaskannya sempat mengenai pemain bertahan sehingga membelokkan arah bola ke sisi kanan gawang Thailand. Gol tersebut sekaligus membuat mental para pemain skuad garuda kembali berkobar. Kemudian pada menit ke 70′ berawal dari set pice tendangan penjuru, Hansamu Yama berhasil mencetak gol penentu kemenangan dengan sundulan yang tak mampu dihalau Kawin Thamsatchanan sehingga Indonesia berbalik Unggul 2-1 dan bertahan hingga babak kedua selesai.

Kemenangan atas The War Elephants ini menjadi modal yang sangat penting bagi kubu Garuda untuk kembali menghadapi skuad asuhan Kiatisuk Senamuang pada leg kedua yang akan berlangsung pada 17 Desember mendatang di Stadion Rajamangala, Bangkok.

Susunan Pemain Kedua Tim :
Indonesia : Kurnia Meiga, Beny Wahyudi (Lerby Eliandy 70′), Abduh Lestaluhu, Fachruddin, Hansamu Yama, Manahati Lestusen, Bayu Pradana, Rizky Pora, Stefano Lilipaly, Andik Vermansah (20′ Zulham Zamrun), Boaz Solossa (78′ Ferdinan Sinaga).
Pelatih : Alfred Riedl.

Thailand : Kawin Thamsatchanan, Theerathon Bunmathan, Adison Promrak, Koravit Namwiset, Tristan Do, Kroekrit Thaweekarn (69′ Peerapat Notchaiya), Sarach Yooyen, Chanathip Songkrasin, Pokklaw Anan (80′ Charyl Chappuis), Sarawut Masuk (73′ Siroch Chatthong), Teerasil Dangda.
Pelatih : Kiatisuk Senamuang.

Share.