Klasemen Akhir MotoGP 2016 Hasil MotoGP Seri Valencia

Klasemen Akhir MotoGP 2016 Hasil MotoGP Seri ValenciaRangkaian seri MotoGP 2016 akhirnya ditutup dengan seri terakhir di sirkuit Ricardo Tormo pada live race yang disiarkan secara langsung di Trans7 hari Minggu (13/11) kemarin. Balapan di seri terakhir akhirnya Jorge Lorenzo berhasil mengamankan posisi ke tiga klasemen musim ini setelah sebelumnya sempat dibayang-bayangi Maverick Vinales dengan selisih poin yang cukup tipis. Setelah sebelumnya sukses mengamankan pole position pada sesi kualifikasi, tekad X-Fuera menjuarai seri terakhir ini juga sangat sukses dari awal jalannya balapan hingga selesai, rider asal Spanyol ini tetap menjadi yang terdepan tanpa mampu dikejar rider lainnya.

Saingan X-Fuera dalam meraih poin Maverick Vinales juga bukan tanpa perlawanan, ia sempat merangsek naik ke urutan ke 3 pada beberapa putaran di awal. Namun sayangnya ia harus tercecer di posisi ke 5 setelah disalip rider lain. Sedangkan Marquez yang sempat saling salip-menyalip bersama dengan The Doctor dan Iannone akhirnya berhasil meninggalkan keduanya dan melaju ke posisi ke dua. Rider tim Ducati Iannone juga sempat terlibat aksi saling kejar dengan The Doctor untuk memperebutkan posisi ke tiga, namun akhirnya The Maniac berhasil finish di urutan ke tiga dan mengamankan podium sementara The Doctor hanya berhasil finish di urutan ke 4.

Kondisi Pedrosa usai cedera juga menyebabkan ia tak bisa membalap dengan baik hingga akhirnya tidak mampu finish balapan setelah terjatuh. Mengingat Ricardo Tormo menjadi salah satu lintasan favorit dengan beberapa kali menjuarai seri Valencia. Selain Pedrosa, Yonny Hernandez dan Cal Crutchlow juga terjatuh, sayang sekali debut tim anyar KTM di musim depan dengan tunggangan RC16 yang dikendarai Mika Kallio mengalami masalah elektronik sehingga tak bisa menyelesaikan balapan.

Kemenangan Lorenzo menjuarai podium teratas pada seri pamungkas bersama tim Yahama Moviestar sekaligus membawa timnya ini berhasil keluar sebagai tim juara MotoGP di musim 2016 ini berkat raihan poin yang dikumpulkan kedua rider kebanggaannya. X-Fuera juga menjadikan kemenangan di seri terakhir Valencia ini sebagai kado perpisahan untuk timnya lantaran musim depan ia akan pindah ke tim baru bersama Ducati setelah 8 tahun menjadi rider tim Yahama Moviestar. Untuk menggantikan tempatnya, tim Yamaha akan menggaet rider dari tim Suzuki Maverick Vinales sebgai rekan satu tim Rossi musim depan.

The Baby Alien sebelumnya telah mengamankan juara dunia MotoGP 2016 setelah memenangkan balapan di seri Motegi Jepang kala itu. Sementara itu di posisi runner up di tempati Valentino Rossi, meskipun gelar ke 10-nya harus kembali tertunda namun Vale cukup puas dengan pencapaiannya musim ini. Dan posisi ke tiga berhasil dikunci Jorge Lorenzo yang yang berhasil menjauh dari kejaran poin Vinales di seri terakhir ini.

Klasemen Akhir MotoGP 2016

No Pembalap Tim Negara Poin
1 Marc MARQUEZ Honda SPA 298
2 Valentino ROSSI Yamaha ITA 249
3 Jorge LORENZO Yamaha SPA 233
4 Maverick VINALE Suzuki SPA 202
5 Andrea DOVIZIOSO Ducati ITA 171
6 Dani PEDROSA Honda SPA 155
7 Cal CRUTCHLOW Honda GBR 141
8 Pol ESPARGARO Yamaha SPA 134
9 Andrea IANNONE Ducati ITA 112
10 Hector BARBERA Ducati SPA 102
11 Aleix ESPARGARO Suzuki SPA 93
12 Alvaro BAUTISTA Aprilia SPA 82
13 Eugene LAVERTY Ducati IRL 77
14 Danilo PETRUCCI Ducati ITA 75
15 Scott REDDING Ducati GBR 74
16 Stefan BRADL Aprilia GER 63
17 Bradley SMITH Yamaha GBR 62
18 Jack MILLER Honda AUS 57
19 Michele PIRRO Ducati ITA 36
20 Loris BAZ Ducati FRA 35
21 Tito RABAT Honda SPA 29
22 Yonny HERNANDEZ Ducati COL 20
23 Katsuyuki NAKASUGA Yamaha JPN 5
24 Alex LOWES Yamaha GBR 3
25 Hiroshi AOYAMA Honda JPN 1
26 Nicky HAYDEN Honda USA 1
27 Mike JONES Ducati AUS 1
28 Mika KALLIO FIN

Share.