Inilah Dampak Bermain Pokemon GO Saat Bekerja

Inilah Dampak Bermain Pokemon GO Saat Bekerja
Nusantarapost.com Game Pokemon GO yang baru saja dirilis untuk wilayah Amerika, Australia, dan Selandia Baru pada tanggal 6 Juli lalu, langsung berhasil menyita banyak mata untuk memberi perhatian pada game garapan dari Nintendo ini. Rupanya game ini dapat menghipnotis pengguna smartphone di seluruh penjuru dunia untuk turut serta penasaran, bermain bahkan bisa kecanduan dengan game tersebut.

Seperti yang dikutip dari laman The Guardian, pemainnya tercatat melampaui pengguna harian Twitter di Amerika yang penggunanya mencapai 65 juta. Saham Nintendo sendiri pun meroket sebesar 50%. Kombinasi dari nostalgia dan fitur Pokemon Go yang unik adalah rahasia di balik kesuksesannya yang fenomenal.

Saat ini, game tersebut memang masih belum secara resmi dirilis di Indonesia, akan tetapi para peminat dari Indonesia sudah banyak sekali, mereka juga tak kalah untuk ikut mengunduh aplikasi ini dari sumber tidak resmi meskipun fitur yang dimiliki juga masih belum lengkap dan popularitasnya dikalangan muda kini sudah menjadi sorotan.

Namun, bermain Pokemon GO rupanya banyak menghasilkan dampak tidak baik pula bagi para pemainnya, terutama ketika mereka bermain pada saat kerja atau di tempat kerja yang tentu memiliki resiko tinggi. Maka inilah resiko dan dampak bermain game Pokemon GO di tempat kerja :

1. Distraksi saat bekerja

Kaum profesional di berbagai negara juga tidak luput dari daya tarik Pokemon Go. Bahkan seorang pegawai di Washington yang tempat kerjanya kebetulan adalah Pokestop mengaku bahwa ia sering mengecek ponselnya di tengah-tengah kesibukan kerja dan ia menduga banyak rekan kerjanya juga melakukan hal yang sama.

Tidak sedikit juga pegawai yang telat masuk kerja karena berkali-kali berhenti di berbagai Pokestop di tengah jalan atau sengaja mengambil rute panjang untuk memperbesar peluang bertemu lebih banyak karakter Pokemon.

2. Petaka bermain Pokemon Go di jam kerja

Histeria Pokemon Go yang menyerang para pegawai tidak ayal membuat beberapa pihak manajemen senior yang mengkhawatirkan turunnya produktivitas. Tak lama, sempat beredar di Instagram gambar pamflet berisikan peringatan dari seorang atasan pada pegawainya yang gencar bermain Pokemon Go saat bekerja.

Kabar lebih ekstrim datang dari komunitas Reddit, yang mana ada seorang pengguna yang curhat mengatakan bahwa ia terancam dipecat karena bermain Pokemon Go di tempat kerjanya. Ternyata perusahaan tempat ia bekerja melarang pegawai menggunakan fitur kamera selama bekerja karena mereka berurusan dengan data klien yang sensitif. Saat diam-diam bermain Pokemon Go, pengguna ini ternyata tertangkap basah dan terancam dipecat serta di-blacklist.

Share.