Google Siapkan Pamean Untuk Peluncuran Android Virtual Reality (VR)

203

Sumber : Google

Nusantarapost.com Perusahaan teknologi raksasa yang berasal dari Amerika Serikat yaitu Google kini nampaknya semakin serius untuk menjajaki dunia teknologi baru yang memang sedang ngetren dijelajahi oleh perusahaan teknologi lain yaitu virtual reality (VR). Baru-baru ini Google memang sempat dikabarkan telah meluncurkan Google Cardboard, dan kini perusahaan mesin pencari di dunia internet terbesar itu telah meluncurkan teknologi terbaru yaitu Android VR.

Lihat juga : Kantongi Sertifikat FCC, Samsung Akan Rilis Galaxy J2 2016 Dalam Waktu Dekat?

Sebagaimana dikutip ari laman Engadget pada Sabtu, 14 Mei 2016 kemarin disebutkan bahwa teknologi terbaru Android VR ini sudah ada pada Google Play Developer Console. Terletak tepatnya pada bagian kanan layar, setelah fitur Android Audio, Android TV dan juga Android Wear.

Kali ini Google menunjukkan bagaimana pengembangan teknologi Android VR yang dikembangkannya, dimana Google semakin menunjukkan keseriusannya untuk masuk dalam dunia virtual reality yang belakangan ini marak sekali dikembangkan oleh perusahaan teknologi lain.

Para pengembang kedepannya dapat lebih serius lagi untuk menekuni dan mengembangkan konten apa saja yang ada pada virtual reality sama seperti yang telah di lakukan Google sebelumnya pada Google Cardboard yang sudah diluncurkan lebih dulu.

Namun, walaupun demikian spesifikasi dan juga kontekn yang dimiliki oleh teknologi terbaru di Androdi VR ini masih belum dapat diketahui informasinya hingga saat ini. Diketahui dari kabar sebelumnya menyebutkan bahwa Google juga tertarik untuk mengembangkan sebuah headset VR yang dapat dioperasikan tanpa adanya bantuan dari sebuah perangkat pintar seperti smartphone dan perangkat lainnya.

Berdasarkan informasi yang saat ini berhasil ditampung diketahui bahwa teknologi terbaru dari Android VR ini nantinya akan diumumkan oleh Google dalam sebuah acara tahunan mereka yang bertajuk Google I/O 2016 pada 18-20 Mei 2016 di San Francisco, Amerika Serikat. Di acara itu Google bisa jadi memamerkan beberapa perangkat anyarnya.

Sebagaimana dilansir dari laman Independent pada Kamis, 12 Mei 2016 kemarin menyebutkan bahwa saat ini beredar berbagai rumor yang memberikan keterangan mengenai seorang investor di Silicon Valley, Peter Rojas. Dari keterangannya tersebut, ia mengklaim jika perangkat VR besutan Google itu akan bertajuk “Android VR” dan akan menjadi perangkat yang mendiri.

“Android VR pasti akan diumumkan tidak lama lagi, tepatnya minggu depan. Dari yang saya dengar akan mempunyai kemampuan yang masih lebih rendah dibandingkan dengan Vive atau pun Rift,” tulis Peter di akun Twitter miliknya.

Apabila kita mengikuti perkembangan raksasa perusahaan mesin pencari dunia internet ini, diketahui memang Google sudah menjadi pemain utama dalam dunia virtual reality. Hal tersebut dikarekan perusahaan inilah yang memperkenalkan adanya teknologi Google Cardboard pertama kali ke muka dunia. Google Cardboard merupakan sebuah perangkat headset VR yang dibanderol dengan harga terjangkau. Headset VR besutan Google tersebut berasal dari bahan kardus dan memakai smartphone sebagai display.

Saat ini dipasaran sudah banyak ditemui sejumlah perangkat VR yang memang ditawarkan untuk para konsumen yang tertarik dengan teknologi ini. Teknologi VR yang sudah tersedia seperti cutting-edge HTC Vive atau juga headset Oculus Rift, sampai VR yang berbasis smartphone dengan spesifikasi yang lebih rendah seperti Samsung Gear VR.

Sebelumnya juga sempat terdengar kabar bahwa Divisi VR Google tengah mengembangkan teknologi VR untuk menjangkau pasar yang lebih luas lagi. Menurut Rojas, headset Android yang akan dikeluarkan oleh Google nanti akan menjadi perangkat mandiri. Itu artinya, headset VR ini tidak akan bergantung pada PC atau pun pada smartphone untuk bekerja.

Share.