Ganti Logo, Instagram Mendapat Reaksi Negatif Dari Pengguna

201

Sumber : Google

Nusantarapost.com – Belum lama ini, sebuah aplikasi sosial media tempat berbagi foto dan video ternama yaitu Instagram memang mengalami revolusi pada tampilannya. Update yang kali ini dibawa oleh Instagram membawa perubahan pada segi ikon dan tampilannya. Dimana tampilan baru Instagram tampak lebih flat dengan perpaduan warna putih dan hitam.

Lihat Juga : Inilah Kisah Dibalik Logo Baru Instagram

Sementara untuk tampilan baru ikonnya atau logo baru Instagram tampak berbeda sama sekali dengan Instagram versi lamanya. Dimana pada versi sebelumnya memiliki warna coklat dan tampak seperti logo kamera, kali ini logo baru Instagram tampil dengan membawa gradasi warna yang tampak beda yaitu jingga, kuning pink.

Namun ternyata perubahan yang ada pada logo dan tampilan userinterface yang dimiliki oleh Instagram ini malah melahirkan aksi bersifat negatif bagi para penggunanya. Dianalisa sendiri oleh perusahaan teknologi marketing Amobee Brand Intelligence bahwa tanggapan yang datang dari para pengguna Instagram terhadap logo baru pada aplikasi ini cenderung bersifat negatif dari para pengguna.

Logo baru ini diperkenalkan pada Rabu, 11 Mei 2016 kemarin, analisa dilakukan mulai pukul 10 sampai 16.00 waktu setempat dan kesimpulan yang didapat adalah :

-Sebanyak 53 % pengguna bereaksi negatif, 33 persen netral, dan 14 persen positif

-Diskusi terkait logo Instagram Selasa (10/5), sebelum diupdate hanya 1 persen dari diskusi pada hari Rabu. Hal ini berarti hanya sedikit orang yang sebelumnya membicarakan logo Instagram.

-Dari seluruh pembicaraan tentang Instagram di internet pada Rabu, hanya 6% yang membahas soal logo baru aplikasi itu.

Berdasarkan analisa dari perusahaan pengoptimalan aplikasi toko yaitu Sensor Tower menyebutkan ulasan analisa dari sebanyak 740 aplikasi toko di Amerika Serikat (AS) terkait desain baru Instagram. Sebanyak 70 persen ulasan bernada negatif. Sebagai perbandingan, 86 persen rating untuk Instagram bernada positif.

Pada awal minggu ini tepatnya pada hari Rabu, 11 Mei 2016 kemarin Instagram secara resmi telah meluncurkan pembaruan terhadap tampilan Instagram, pembaruan tersebut termasuk mengandung unsur perubahan pada logo baru yang ada di Instagram. Tampilan baru Instagram memang tampak lebih flat atau datar, dengan perpaduan warna putih hitam di bagian antarmukanya, serta perubahan logo pada bagian bawah di Instagram ini juga terjadi.

Disebutkan oleh Ia Spalter selaku kepala desain Instagram ia menulis pada sebuah blog resminya mengenai penjelasan pada perubahan logo yang terjadi di update Instagram terbaru kali ini.

“Komunitas Instagram telah berkembang selama lima tahun terakhir ini, yang berawal dari sebuah tempat untuk berbagi foto-foto terfilter berkembang menjadi sesuatu yang lebih lagi—komunitas minat global yang berbagi lebih dari 80 juta foto dan video setiap hari. Tampilan baru kami menggambarkan betapa bersemangat dan beragamnya cerita Anda,” tulisnya.

Share.