Hari Raya Idul Adha, Jokowi Serahkan Sapi Qurban di Masjid Agung Jawa Tengah

Hari Raya Idul Adha, Jokowi Serahkan Sapi Qurban di Masjid Agung Jawa Tengah
Nusantarapost.com Perayaan hari raya idul Adha berlangsung hari ini tanggal 12 September 2016. Tepatnya pada hari Senin ini, seluruh umat muslim diseluruh jagat raya merayakan hari kemenangan idul qurban bersama-bersama. Dan tak jarang pula diantara umat muslim melakukan qurban baik itu berupa sapi ataupun kambing.

Pada idul adha tahun ini, Presiden Joko Widodo melaksanakan qurban sapi yang diselenggarakan di mesjid Agung Jawa Tengah.

M Nasir selaku Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristek) merayakan hari raya idul adha tahun ini di Kota Semarang, Jawa Tengah. Dalam perayaan shalat idul adha tahun ini, Sang menteri tersebut menjadi Khatib di Masjid Agung Jawa tengah, setelah melakukan shalat id, beliau melakukan penyerahan sapi qurban yang diberikan oleh bapak Presiden Republik Indonesia tersebut kepada pihak masjid Agung Jawa Tengah untuk dibagikan nantinya kepada seluruh warga disana.

Setelah melakukan ibadah shalat idul adha di Masjid Agung tersebut, M Nasir bersama dengan sebanyak 20 ribu jemaah shalat di Masjid Agung Jawa Tengah ini langsung melakukan penyarahan sapi dari Presiden Joko Widodo berupa satu ekor sapi yang memiliki berat 875 kg, sapi tersebut diletakkan di halaman belakang masjid.

“Daging sapi ini dibagikan untuk masyarakat Jawa Tengah, panitia, dibagikan dengan adil,” kata Nasir di Masjid Agung Jawa Tengah, Kota Semarang, Senin (12/9/2016).

Sapi yang memiliki jenis Brahman tersebut diserahkan oleh Presiden melalui Menristek Dikti kepada panitian Qurban yang ada di Masjid Agung Jawa Tengah.

Qurban di masjid ini tak hanya berasal dari presiden saja, akan tetapi juga ada lagi sapi qurban yang berasal dari Gubernur Jawa Tengah yaitu Ganjar Pranowo yang penyerahannya diwakili oleh Sekda Provinsi Jawa Tengah bernama Sri Puryono.

Setelah usai dari Masjid Agung Jawa Tengah, Menristek Dikti, M Nasir kemudian melanjutkan perjalanan kunjungannya ke Masjid Nurul Huda yang terletak di Parang Kembang Raya, Tlogosari Kulon, Semarang.

Nasir melakukan kegiatan simbolis peletakan batu pertama pembangunan masjid tersebut.

Perayaan hari raya idul qurban memang disambut gembira oleh seluruh umat muslim, terlebih lagi bagi masyarakat yang kurang mampu dan jarang makan daging, karena mereka akan menerima daging secara gratis dari hasil qurban yang diberikan oleh yang menyerahkannya.

Share.