Inilah Samsung Z2, Smartphone Tizen Berikutnya Dari Samsung

157

sumber : Google

Nusantarapost.com – Samsung memang belakangan ini diramaikan dengan berita terkait smartphonenya yang berbasis Tizen, merupakan sistem operasi garapan Samsung sendiri. Terkait berita tersebut Samsung pun dikabarkan sedang dalam masa penggarapan ponsel pintar terbarunya yang mereka usung dengan nama Samsung Z2, yang merupakan smartphone dengan basis Tizen generasi berikutnya.

Lihat Juga :

Samsung Kembangkan Aplikasi Voice of Life Untuk bayi Prematur

Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy Note 6 Ususng USB Type-C

Bocoran tersebut terkuak dari dokumen ekspor impor teranyar yang bersumber dari Zauba. Dimana ditunjukkan apabila Samsung nyatanya masih belum menyelesaikan penggarapan Samsung Z2 yang merupakan smartphone berbasis Tizen generasi penerus dari smartphone yang sudah dirilis sebelumnya.

Diketahui bahwa selama ini Samsung sedang dalam masa berusaha untuk lepas dari ketergantungan vendor ternama ini pada sistem operasi garapan Google yang banyak digunakan oleh hampir semua vendor smartphone yaitu Android. Oleh karena itu, perusahaan yang berasal dari Tiongkok tersebut mencari solusi atau alternatif untuk membuat sebuah smartphone dengan OS diluar pengaruh Google yaitu Android, sehingga akahirnya menjadi dorongan tersendiri bagi mereka untuk meluncurkan jajaran smartphone dengan OS Tizen garapannya sendiri.

Seperti yang kita ketahui bahwa pada Januari 2015 tahun lalu, Samsung sudah pernah merilis smartphone yang mereka usung dengan nama Samsung Z1 yang membawa sistem operasi besutannya sendiri yaitu Tizen dan dirilis di negara India, kemudian diikuti oleh Samsung Z3 pada bulan Oktober di tahun yang sama.

Dan saat ini, terkuak dari bocoran yang dipaparkan oleh Zauba bahwa Samsung sampai saat ini masih dalam masa penggarapan dan beberapa pengujian untuk Samsung Z2 yang digarapnya dengan sistem operasi Tizen sebelum akhirnya nanti akan dirilis ke pasar smartphone.

Dari informasi yang diperoleh ini maka menunjukkan sekali bahwa ponsel pintar garapan Samsung dengan basis Tizen terbaru ini memang masih dalam tahapan uji coba. Bukti tersebut datang dari bentuk catatan impor Zauba dimana terdapat sebuah ponsel Samsung yang membawa nomor model SM-Z200F, jika kita mengingat bahwa Samsung Z1 adalah bernomor model SM-Z130, dan Samsung Z3 memiliki nomor model SM-Z300 maka dari itu besar kemungkinan bahwa nomor model SMZ200F atau SM-Z200 akan menjadi ponsel Tizen lain, yang kemudian diduga adalah Samsung Z2.

Akan tetapi, mengenai bagaimana spesifikasi yang nantinya dimiliki oleh smartphone ini tidak dapat diungkapkan dari bocoran yang dipaparkan secara rinci Zaba tersebut. Hanya diketahui bahwa Samsung Z2 membawa layar sentuh dengan ukuran 4 inci yang sama dengan Samsung Z1.

Sampai saat ini beberapa rumor menyebutkan bahwa sektor jeroan yang ditanamkan pada Samsung Z2 mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan Samsung Z1 pendahulunya, akan tetapi berada di bawah Samsung Z3. Hal tersebut terlihat dari segi harga produksi Samsung Z2 yakni USD$50 s/d USD$375, maka besar kemungkinan dengan range harga tersebut, Samsung Z2 nantinya ditujukan untuk segmen kelas menengah.

Share.