Berikut Naskah Pidato Puisi Hari Pahlawan Singkat Peringatan Peristiwa 10 November 1945 / 2016

pidato hari pahlawan 10 novemberDalam rangka menyambut hari pahlawan yang selalu di peringati setiap tanggal 10 November, peristiwa tahunan sebagai pengingat setiap jasa pahlawan yang telah susah payah membela tanah air tercinta untuk mencapai Revolusi Nasional, mungkin tidak semua orang tahu dengan peristiwa yang terjadi pada 10 november silam. Artikel ini sengaja dibuat untuk mengingatkan kejadian tersebut sehingga masyarakat dapat mengingat betapa besarnya jasa pahlawan saat berjuang untuk mendapatkan kemerdekaan tanah air.
Terjadinya perang besar antara tentara indonesia beserta para sukarelawan yang dipimpin oleh “Bung Tomo” saat melawan tentara sekutu dengan bersenjata lengkap saat itu tentara kita yang hanya bersenjatakan seadanya melawan tentara kuat sekutu. Untuk mengenang hari bersejarah itu maka dari itu setiap tanggal 10 November kita memperingati Hari Pahlawan, setiap instansi pemerintah biasanya melakukan upacara bendera yang di isi dengan tema pidato kepahlawanan tepat pada hari tersebut, Contoh pidato berikut ini mudah mudahan bisa di manfaatkan bagi yang sedang mencari contoh teks pidato hari pahlawan.

Contoh Pidato pertama
Salam sejahtera bagi kita semua Kepada Ibu Kepala Sekolah yang saya hormati,Kepada Bapak dan Ibu guru yang saya hormati,Serta teman-teman sekalian yang saya cintai.Pertama-tama matilah kita memanjatkan puji Syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.Berkat dan rahmat-Nya kita dapat memperingati hari pahlawan. Hari pahlawan adalahhari bersejarah bagi bangsa Indonesia. Oleh karena itu, pada kesempatan ini marilah kita bersama-sama menengok kembali sejarah perjuangan bangsa kita.Kemerdekaan yang kita nikmati sekarang ini adalah hasil perjuangan rakyat Indonesia.Mereka berjuang melawan penjajah dengan semangat rela berkorban yang tinggi. Merekamempertaruhkan nyawa dan harta demi kemerdekaan bangsa kita. Sungguh luar biasa!Mereka berjuang tanpa pamrih. Beruntunglah kita, pemerintah menetapkan tanggal 10 November sebagai hari pahlawan.

Kita diberi kesempatan untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan bangsa.Kemerdekaan bangsa ini tercapai karena rakyat Indonesia mempunyai semangat perjuangan yang tinggi. Tanpa semangat perjuangan yang tinggi, kita yakin kemerdekaan bangsa ini tidak akan tercapai. Selamanya rakyat Indonesia akan hidup dibawah penindasan penjajah. Para penjajah negeri kita bermaksud menguasai pemerintahan danmengeruk kekayaan bangsa ini. Berbagai cara mereka lakukan. Para penjajah itumemaksa rakyat Indonesia bekerja lewat kerja rodi dan romusa. Tanpa upah merekaharus bekerja keras.

Bahkan, tanpa makan yang cukup. Oleh karena itu, banyak rakyatIndonesia yang meninggal pada saat kerja rodi dan romusa.Para hadirin, semangat rela berkorban para pejuang kita yang begitu besar itu patut kitateladani. Kita harus bersyukur kepada Tuhan. Kita dapat menghirup udara kemerdekaan.Berkat para pejuanglah, negara ini terbebes dari penjajahan. Oleh karena itu, marilah kitasenantiasa berdoa agar arwah mereka diterima di sisi Tuhan.Para hadirin sekalian, marilah kita pekikkan ‘SEKALI MERDEKA TETAP MERDEKA”.Semoga bangsa ini tetap dikaruniai kemerdekaan dan persatuan. Kita semua selalu di bawah lindungan-nya. Amin

.Sekian pidato dari saya, terimakasih.

 

 

Contoh Pidato Kedua

Pertama-tama marilah kita memanjatkan puji Syukur kepada TuhanYang Maha Esa. Berkat dan rahmat-Nya kita dapat memperingati hari pahlawan. Hari pahlawan adalah hari bersejarah bagi bangsa Indonesia. Olehkarena itu, pada kesempatan ini marilah kita bersama-sama menengok kembali sejarah perjuangan bangsa kita.Apakah kalian semua tahu, Kemerdekaan yang kita nikmati sekarangini adalah hasil perjuangan rakyat Indonesia. Mereka berjuang melawan penjajah dengan semangat rela berkorban yang tinggi.

Merekamempertaruhkan nyawa dan harta demi kemerdekaan bangsa kita. Sungguhluar biasa! Mereka berjuang tanpa pamrih. Beruntunglah kita, pemerintahmenetapkan tanggal 10 November sebagai hari pahlawan. Kita diberikesempatan untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan bangsa.Kemerdekaan bangsa ini tercapai karena rakyat Indonesia mempunyaisemangat perjuangan yang tinggi. Tanpa semangat perjuangan yang tinggi,kita yakin kemerdekaan bangsa ini tidak akan tercapai. Selamanya rakyatIndonesia akan hidup dibawah penindasan penjajah.

Para penjajah negerikita bermaksud menguasai pemerintahan dan mengeruk kekayaan bangsaini. Berbagai cara mereka lakukan. Para penjajah itu memaksa rakyatIndonesia bekerja lewat kerja rodi dan romusa. Tanpa upah mereka harus bekerja keras. Bahkan, tanpa makan yang cukup. Oleh karena itu, banyak rakyat Indonesia yang meninggal pada saat kerja rodi dan romusa.

Para hadirin! Semangat rela berkorban para pejuang kita yang begitu besar itu patut kita teladani. Kita harus bersyukur kepada Tuhan. Kita dapatmenghirup udara kemerdekaan. Berkat para pejuanglah, negara ini terbebesdari penjajahan. Oleh karena itu, marilah kita senantiasa berdoa agar arwahmereka diterima di sisi Tuhan.Para hadirin sekalian! Marilah kita pekikkan ‘SEKALI MERDEKATETAP MERDEKA”. Semoga bangsa ini tetap dikaruniai kemerdekaan dan persatuan. Kita semua selalu di bawah lindungan-nya. Amin.

Sekian pidato dari saya, apabila ada kesalahan ucapan atau apapunmohon dimaafkan. Terimakasih.

Puisi Pahlawan
“Pagi yang indah deruan angin menerpa wajah
Dingin menyelimuti langkah penuh keikhlasan
Renungan hanya untuk sebuah kejayaan
Berfikir hanya untuk sebuah keberhasilan
Tiada lafaz seindah tutur katamu
Tiada penawar seindah senyuman mu
Tiada hari tanpa sebuah bakti
Menabur benih kasih tanpa rasa lelah
Hari demi hari begitu cepat berlalu
Tiada rasa jenuh terpancar di wajah mu
Semangat mu terus berkobar
Memberikan kasih sayang tiada rasa jemu
Jika engkau akan melangkah pergi
Ku tau langkahmu penuh pengorbanan
Jika dirimu telah tiada dirimu kan selalu di kenang
Kau adalah pahlawan tanpa lencana.”

Share.