HoloFlex, Smartphone Android Pertama Dengan Layar Lengkung dan Efek 3D

152

Sumber : Google

Nusantarapost.comĀ Smartphone dengan teknologi layar sentuh sudah lagi bukan hal asing untuk kita dengar, hampir semua smartphone saat ini diciptakan dengan teknologi layar sentuh. Namun, seiring berkembangnya teknologi, smartphone dengan teknologi layar sentuh dirasa sudah memiliki banyak perkembangan pula dengan kehadiran teknologi layar lengkung dan efek 3D sebagaimana yang saat ini dibangun pada smartphone dengan nama HoloFlex.

Lihat Juga :

Mito Luncurkan Smartwatch Mito 555, Inilah Spesifikasinya

Kini LG G5 Lengkap Dengan Kehadiran Update App Drawer Yang Menarik

Smartphone ini terbilang merupakan ponsel android pertama di dunia yang memberikan teknologi layar lengking dan memberikan tampilan efek layar 3D pada smartphone. Sebenarnya tampilan layar 3D atau tiga dimensi sudah pernah dikembangkan oleh iPhone pada tahun 2007, saat ini teknologi tersebut semakin diimplementasikan pada smartphone sehingga pengguna tak perlu lagi menggunakan bantuan kacamatan khusus.

Sebagaimana yang dilansir dari laman Tech Times pada Sabtu, 7 Mei 2016 kemarin menyebutkan bahwa smartphone yang hadir dengan nama HoloFlex tersebut, memiliki bentuk yang sekilas mirip dengan LG G Flex yang hadir dengan layar melengkung pula, bukan dengan layar datar seperti kebanyakan smartphone pada umumnya.

Akan tetapi, HoloFlex merupakan sebuah smartphone purwarupa atau lebih dikenal dengan istilah prototype dari hasil para peneliti tim University Human Media Lab di Ontario, Kanada.

Smartphone HoloFlex ini mampu memberikan tampilan efek 3D karena adanya kombinasi lebih dari sebanyak 16 ribu lensa mata ikan atau fisheye. Akan tetapi, resolusi yang dimiliki oleh layar dari smartphone ini masih terbilang sangat rendah yaitu hanya 160 x 104 piksel.

“Ketika seekor burung melintas di depan layar ponsel, gambar holograf akan menampilkan seolah-olah burung itu keluar dari layar dalam bentuk 3D,” demikian rilis pers Human Media Lab di situsnya.

Membahas mengenai spesifikasinya lebih dalah, diketahui bahwa bagian sektor dapur pacu yang dibangun untuk smartphone ini terbilang lumayan. HoloFlex hadir dengan ditenagai oleh adanya chipset dari Qualcomm Snapdragon 810 yang memiliki kecepatan prosesor 1.5 GHz serta adanya RAM yang memiliki kapsitas 2 GB. Sistem operasinya Android 5.1 Lolipop yang didukung pula oleh Adreno 430 GPU dan OpenGL 3.1.

Dilansir dari laman Gizmodo pada 6 Mei 2016 kemarin diketahui bahwa layar smartphone ini menggunakan layar Flexible Organic Light Emitting Diode (F-OLED) sehingga mudah ditekuk.

Berdasarkan rencananya diketahui bahwa HoloFlex smartphone dengan layar lengkung dan efek tampilan 3D pertama ini akan dipublikasikan di depan publik konferensi Interaksi Manusia dan Komputer (ACM CHI) 2016 di San Jose, California, Amerika Serikat, pada Senin ini (9/5). Kemungkinan besar, menurut Engadget, demonstrasi HoloFlex nanti akan menggunakan permainan (game) Angry Bird.

Sayangnya, hingga saat ini masih belum ada informasi lebih lanjut mengenai kapan kiranya HoloFlex ini akan dipasarkan oleh sang vendor. Saat ini diketahui bahwa pihak pengembang masih terus melakukan penyempurnaan pada resolusi 3D yang dimiliki oleh HoloFlex meskipun hal demikian ini dirasa tidak lagi sulit mengingat teknologi yang semakin mengalami perkembangan.

Share.