Hasil Vietnam VS Indonesia 2-2 Leg Ke-2 Piala AFF Suzuki Cup 2016 Agregat 4-3 Rabu 7 Desember 2016

Hasil Vietnam VS IndonesiaSetelah bersusah payah melakoni laga semifinal leg kedua di My Dinh Stadium Hanoi pada Rabu malam (07/12) melawan tuan rumah Vietnam, skuad Garuda akhirnya melaju ke final Piala AFF Suzuki Cup 2016 dengan lebih unggul agregat 3-4 setelah mengakhiri laga dengan skor imbang 2-2 dari lawannya Vietnam.

Datang ke My Dinh Stadium Hanoi markas Vietnam, kubu timnas Merah Putih datang dengan keunggulan agregat satu gol dari tuan rumah. Keunggulan tersebut didapat dari laga pada leg pertama babak semifinal kala menjamu Vietnam di Stadion Pakan sari Bogor pada akhir pekan lalu Sabtu (03/12) dengan kemenangan 2-1. Menghadapi Vietnam yang tampil baik kala bermain di kandang sendiri, kubu Indonesia sempat kewalahan kala harus meladeni permainan cepat kubu tuan rumah. Seperti yang diprediksi sebelumnya, kubu tuan rumah Vietnam tampil begitu agresif di menit-menit awal babak pertama. Skuad tuan rumah juga sempat mengancam gawang yang dijaga Kurnia Meiga sebanyak dua kali sebelum babak pertama selesai.

Usai turun minum, kubu tuan rumah Vietnam sama sekali tidak mengendurkan serangan. Namun hingga pada menit ke 54′ kubu Indonesia berhasil keluar dari gempuran kubu tuan rumah dan melancarkan serangan. Kombinasi serangan yang diawali Lilipaly dan kapten timnas Boaz Salossa akhirnya berbuah gol setelah umpan yang dilepaskan salah diantisipasi Tran Dinh Dong hingga membuat bola akhirnya bisa disambar Stefano Lilipaly dan membuat indonesia sementara unggul 1-0. Dengan gol tersebut, skuad Garuda kembali unggul dengan agregat 3-1 dari lawannya Vietnam. Alih-alih mengejar ketertinggalan, kubu tuan rumah Vietnam justru harus bermain dengan sepuluh orang setelah penjaga gawang Manh Tran diganjar wasit dengan kartu merah di menit 76′.

Setelah sebelumnya menggunakan tiga kali kesempatan untuk mengganti pemain, kekosongan posisi penjaga gawang harus digantikan dengan pemain bertahan Que Ngoc Hai. Meskipun kalah dalam jumlah pemain Vietnam akhirnya bisa menyamakan kedudukan 1-1. Berawal dari pelanggaran di area pertahanan kubu Indonesia, Vu Van Thanh yang tanpa pengawalan melepaskan tendangan keras yang tak mampu dihalau penjaga gawang Kurnia Meiga pada menit ke 83′. Setelah mendapat keuntungan dengan lebih unggul dalam jumlah pemain, skuad Garuda justru harus kembali kebobolan 2-1 setelah Vu Minh Tuan mencetak gol pada menit tambahan yang sekaligus menyamakan agregat menjadi 3-3. Laga pun harus dilanjutkan dengan tambahan waktu 2 x 15 menit untuk menentukan pemenang.

Hingga pada menit ke 97′ setelah Ferdinand Sinaga dilanggar Ngoc Hai yang menjadi penjaga gawang, wasit pun kemudian menunjuk titik putih dan menghadiahi skuad Garuda tendangan penalti. Lestusen yang turun sebagai algojo sukses menjebloskan gol dan sekaligus menjadi gol terakhir yang membawa Indonesia lolos ke final Piala AFF Suzuki Cup 2016. Indonesia akan menghadapi pemenang dari laga di leg kedua antara tuan rumah Thailand yang baru akan melakoni laga malam ini di Rajamangala Stadium Bangkok, Thailand.
Susunan Pemain Kedua Tim :
Vietnam : Nguyen Manh Tran; Que Ngoc Hai, Truong Dinh Luat, Vu Van Thanh, Tran Dinh Dong, Nguyen Trong Hoang, Luong Xuan Truong, Dinh Thanh Trung (Thanh Luong 74′), Nguyen Van Toan (Minh Tuan 57′), Le Cong Vinh, Nguyen Van Quyet (Cong Phuong 69′).

Indonesia : Kurnia Meiga; Beny Wahyudi, Fachrudin Aryanto, Hansamu Yama, Abduh Lestaluhu, Bayu Pradana, Manahati Lestusen, Rizki Pora, Stefano Lilipaly (Zulham 85′), Andik Vermansah (Dedi 88′), Boaz Solossa (Ferdinand 72′).

Share.