Sering Nyeri Dibawah Rusuk Sebelah Kiri! Awas Mungkin Ini Berbahaya

Sering Nyeri Dibawah RusukNusantarapost.com – Mungkin sebagian diantara kalian merasa khawatir karena sering mengalami nyeri pada bawah rusuk sebelah kiri, oleh karna itu saya mau bertanya. Apakah anda seorang perokok aktif? apakah anda batuk, dan nyeri saat menarik nafas, nyeri pada ulu hati dan mual? apakah ada riwayat sakit maag / lambung ?.

Nyeri pada dada tidak selalu identik dengan sakit jantung, keluhan yang anda rasakan bisa disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya karena gangguan jantung otot atau tulang, paru-paru dan saluran pencernaan, bahkan tingkat rasa sakitnya pun berbeda-beda sesuai dengan intensitas masalah.

Nyeri tersebut perlu segera diobati dengan bantuan medis, berikut beberapa faktor yang dapat menyebabkan kondisi nyeri pada perut kiri dibawah rusuk, diantaranya adalah:

1. Fibromyalgia
Merupakan sebuah kondisi dimana ditandai dengan nyeri otot yang diakibatkan kerusakan jaringan otot lunak, diantaranya tulang rusuk (otot interkostal) yang mengalami kerusakan karena karena fibromyalgia yang dapat mengakibatkan sakit disekitar tulang rusuk.

2. Ulkus lambung
Ini adalah sejenis penyakit yang terjadi pada lapisan mukosa lambung, yang rata-rata disebabkan oleh pepsin dan asam korida dalam cairan perut. gejala ulkus lambung seperti sakit maag, mulas, rasa seperti terbakar diperut.

3. Gastro esophageal reflux diseas (GERD)
GERD lebih singkatnya juga menjadi salah satu penyebab nyeri perut bawah tulang rusuk sebelah kiri, rasa panas pada area dada, nyeri perut bagian bawah dan gangguan pencernaan.

4. Kostokondritis
adanya gangguan pada tulang rawan yang mengikat tulang rusuk dengan tulang pada payudara, diamana penyebabnya dari cedera atau serangan virus, kondisi ini mengakibatkan nyeri.

Karena ada banyak sekali faktor penyebab terjadinya sakit dibawah tulang rusuk sebelah kiri ini maka pengobatannya tergantung pada penyebab yang mendasarinya. salah satunya perubahan dalam pola makan dapat menjadi solusi utama.

Jika anda menggunakan pereda rasa sakit dan antibiotik akan lebih baik konsumsi sesuai saran dokter dan alangkah lebih baiknya lagi anda periksakan kedokter agar tidak semakin parah.

Share.