Hasil Leg Pertama Semifinal AFF Suzuki Cup 2016 Indonesia VS Vietnam skor Akhir 2-1

Indonesia VS VietnamPada akhir pekan kemarin, Sabtu (03/12) dalam leg pertama semifinal ajang AFF Suzuki Cup 2016 skuad merah putih berhasil mengunci kemenangan 2-1 atas tamunya tim kuat Vietnam di Stadion Pakansari Bogor.

Sejak peluit babak pertama ditiup wasit yang menandakan dimulainya laga, kedua kubu langsung memperagakan permainan terbuka dengan saling menyerang. Kubu tuan rumah berhasil membuka serunya laga semifinal ini dengan gol cepat pada menit ke 7′ yang dicetak oleh Hansamu Pranata dengan sundulan terarahnya. Berawal dari set piece tendangan pojok, Rizki Pora mengirim umpan ke dalam area kotak penalti yang mampu dimanfaatkan dengan baik hingga berbuah gol untuk mengungguli tamunya Vietnam dengan skor sementara 1-0. Kubu tamu Vietnam yang berpredikat sebagai juara grup B pada babak penyisihan grup sebelumnya bermain sangat baik usai tertinggal. Hingga pada menit ke 17′, Vietnam berhasil menyamakan kedudukan setelah wasit menunjuk titik putih lantaran Le Cong Vinh dinilai telah dilanggar di dalam area terlarang.

Keputusan wasit untuk menunjuk titik putih berhasil dimanfaatkan dengan baik pelh penyerang kubu tim tamu Vietnam Van Quyet yang ditunjuk sebagai algojo dengan membuat gol penyeimbang. Hingga babak pertama berakhir, skor imbang 1-1 bertahan hingga turun minum. Pada babak kedua, kedua kubu bermain lebih menyerang dengan kembali memperagakan skema permainan terbuka. Pada menit ke 50′, dimulai dengan serangan cepat skuad Garuda kembali unggul lewat eksekusi penalti setelah Stefano Lilipay dilanggar dengan tekel keras oleh pemain bertahan Vietnam Que Ngoc Hai di area terlarang.

Boaz Salossa yang ditunjuk Riedl sebagai algojo, dengan dingin mengeksekusi tendangan penalti dan kembali membawa timnas Indonesia unggul 2-1 dari tamunya Vietnam. Skor kemenangan tersebut bertahan hingga usai babak ke dua, kemenangan tipis 2-1 tersebut sekaligus harus membuat skuad Garuda bekerja lebih keras pada laga tandang di markas Rabu (07/12) mendatang di My Dinh Stadium Hanoi, Vietnam. Dari statistik jalannya laga, skuad asuhan Riedl hanya sedikit lebih unggul dalam penguasaan bola dengan 53% sedangkan Vietnam 47%. Meskipun demikian serangan tim tamu justru lebih banyak dari skuad Merah Putih. Dalam lawatan nanti skuad Garuda dipastikan akan cukup kesulitan melawat Vietnam yang bermain cukup baik kala harus bermain dikandang sendiri. Namun dengan performa tim saat ini Reidl cukup optimis akan mampu meladeni permainan Vietnam di Hanoi dan mencuri gol di laga tandang mereka Rabu nanti.

Share.