Gantikan Nexus, Inilah Nama baru Smartphone Google

Gantikan Nexus, Inilah Nama baru Smartphone Google
Nusantarapost.com Belum lama ini, HTC diketahui telah melakukan pengembangan duo ponsel Google Nexus berikutnya yang memiliki kode nama Marlin dan Sailfish. Kedua ponsel ini memang tengah ramai menjadi bahan perbincangan.

Saat nantinya sudah secara resmi diperkenalkan, disinyalir bahwa kedua perangkat smartphone ini akan diusung dengan nama Pixel dan Pixel XL, tidak dengan nama Nexus lagi.

Berdasarkan keterangan yang diberikan dari lansiran Android Police pada Jumat, 2 Agustus 2016 kemarin menyebutkan apabila nama Pixel sendiri mengacu pada perangkat Sailfish yang memiliki layar dengan bentang luas 5 inci.

Sedangkan untuk nama Pixel XL sendiri, tak lain adalah perangkat smartphone Sailfish yang memiliki ukuran layar lebih lebar dari Pixel yaitu 5,5 inci. Akan tetapi nama Pixel sendiri selama ini dikenal adalah sebagai brand premium Google yang hanya diberikan untuk perangkat kelas atau atau high level.

Apabila informasi demikian memang benar adanya, maka bisa jadi, brand “Nexus” untuk ponsel Google memang akan ditiadakan, seperti yang sempat diberitakan sebelumnya.

Masih dari sumber yang sama, kini Pixel dan Pixel XL akan diluncurkan pada 4 Oktober. Sebagaimana dilansir Ubergizmo, Jumat (2/9/2016), pada tanggal tersebut, Google diprediksi akan memperkenalkan kedua produknya tersebut bersamaan dengan Chromecast 4K.

Chromecast yang nantinya dikenalkan pada acara tersebut diyakini sebagai Chromecast Ultra maupun Chromecast Plus. Selain itu Google juga kemungkinan akan mengumumkan perangkat VR Daydream yang dinamakan Daydream View.

Mengenai kedua smartphone Google, dari laporan sebelumnya menyebut bahwa perusahaan teknologi tersebut sengaja menghilangkan merek Nexus dan penamaan Sailfish dan Marlin yang sebelumnya santer diberitakan menjadi Pixel dan Pixel XL.

Saat ini belum diketahui bagaimana kepastian dari isu dan rumor yang sedang berkembang. Namun untuk spesifikasinya, berdasarkan beberapa bocoran menyebutkan bahwa Pixel ditenagai oleh adanya prosesor Snapdragon 820, disokong oleh RAM dengan kapasitas 4 GB, menggunakan OS Android 7.0, baterai berkapasitas 2.770 mAh, diperkuat oleh kamera depan dengan resolusi 13 megapiksel, dan 8 megapiksel untuk kamera depan, serta layar 5 inci (2.560 x 1.440).

Sedangkan untuk Pixel XL memiliki spesifikasi yang tak jauh beda dengan Pixel kecuali di layarnya yang lebih besar dan baterai berkapasitas lebih tinggi (3.450 mAh).

Sementara untuk harga Pixel versi 32 GB dikabarkan bakal mencapai 449 dollar AS (Rp 5,9 juta), sementara Pixel XL 32 GB sebesar 599 dollar AS (Rp 7,9 juta).

Share.