Samsung Kembangkan Aplikasi Voice of Life Untuk bayi Prematur

119

Sumber : Google

Nusantarapost.com – Bayi yang lahir dalam keadaan prematur tentu membutuhkan perhatian dan perawatan khusus serta lebih jika dibandingkan dengan bayi yang lahir dalam keadaan normal. Pada keadaan ini, bayi prematur merupakan bayi yang lahir sebelum waktunya, maksudnya ia lahir tidak genap dengan usia kandungan ibu pada umumnya misalnya sembilan bulan. Imbasnya ia akan terlahir dalam kondisi lemah dan ukuran yang kecil.

Lihat Juga :

Inilah Daftar Smartphone Android Dengan RAM 4GB Ke Atas Terbaru 2016

Inilah HP Cromebook 13, Laptop HP Rasa Macbook

Ibu mana yang tentunya tidak sedih jika melihat keadaan bayi yang dilahirkan seperti ini. Menurut riset yang telah dilakukan oleh peneliti ditemukan fakta bahwa bayi prematur ini akan mengalami perkembangan pesat untuk otaknya dengan bantuan suara dari ibunya. Menanggapi hal tersebut, kini Samsung menggembungkan diri untuk menciptakan sebuah aplikasi yang mereka namai Voice of Life.

Pada dasarnya, bayi yang lahir dalam keadaan prematur tentu akan disimpan terlebih dahulu pada sebuah tabung yang disebut dengan inkabutor, sehingga akan menjaga jarak ibu dengan bayi. Lalu, jika ingin membantu perkembangan otak bayi dengan memperdengarkan suara ibu secara langsung tentu akan sulit. Oleh karena itulah aplikasi Voice of Life ini akan memberikan bantuan terhadap si bayi.

Cara kerjanya adalah, aplikasi ini akan merekam suara ibu. Aplikasi ini akan dibekali oleh frekuensi yang tinggi supaya bisa mendapatkan suara tiruan yang biasanya di dengar oleh sang bayi ketika ia sedang berada di masa kandungan ibu. Seperti suara detak jantung dan suara ibu sendiri.

Setelah itu, rekaman tersebut akan diputar pada sebuah speaker yang diletakkan pada sebelah samping tabung inkabutor yang digunakan bayi. Dengan begitu maka bayi akan mendengarkan suara ibunya meski ibunya tak berada di samping bayi tersebut.

Tentu saja dengan adanya sistem kerja dari aplikasi Voice of Life yang digarap oleh Samsung saat ini dapat memberikan bantuan untuk sang ibu agar tetap bisa memberikan harapan hidup untuk sang anak lebih tinggi.

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa bayi yang terlahir dalam keadaan prematur tentu membutuhkan penanganan lebih. Karena bayi seperti ini cenderung rawan terganggu kesehatannya. Bayi prematur cenderung mengalami resiko besar yang berbahaya untuk perkembangan dan kesehatan si bayi.

Sayangnya, masih belum diketahui kapan Samsung akan meluncurkan produknya ini, kita nantikan saja semoga perusahaan yang berasal dari Korea Selatan tersebut segera meluncurkan produknya yang satu in. Sehingga dapat berguna untuk bayi-bayi prematur yang menurut data terbaru didapat sebanyak 15 juta bayi setiap tahun lahir dalam keadaan prematur, sungguh memprihatinkan.

Share.