Niantic Membatalkan Pemblokiran Akun Pokemon GO Secara Permanen

Niantic Membatalkan Pemblokiran Akun Pokemon GO Secara Permanen
Nusantarapost.com Beberapa waktu yang lalu, tepatnya pada pertengahan bulan Agustus 2016 kemarin, Niantic sempat mengumumkan bahwa akan melakukan pemblokiran secara permanen terhadap pemain Pokemon GO yang dianggap melanggar aturan permainan yang telah ditetapkan sebelumnya.

Namun, rupanya hal tersebut dibatalkan sendiri oleh Niantic Lab, mereka membatalkan beberapa pemblokiran yang telah terjadi pada dua minggu terakhir ini.

John Hanke selaku CEO Niantic sendiri mengungkapkan apabila timnya saat ini sedang melakukan pemblokiran pada orang-orang yang menggunakan tool untuk melanggar persyaratan penggunaan yang mereka tetapkan pada permainan tersebut.

Seperti tool pemetaan yang datang dari pihak ketiga dan memiliki fungsi untuk dapat menunjukkan tempat Pokemon berada dan juga penggunaan bot pada permaian Pokemon GO.

Berdasarkan laporan yang datang dari laman The Verge menyebutkan, ada beberapa tool pemetaan Pokemon yang mengumpulkan data dan mengirimkannya ke server Niantic.

Hal tersebut, menurut hanke serupa dengan serangan DDoS Hal ini, menurut Hanke, serupa dengan serangan DDoS (Distributed Denial of Service). Karena sekilas penggunaan tool pemetaan itu terlihat seperti sebuah serangan, maka Niantic segera memblokir semua pemain yang menggunakan tool tersebut.

“Karena itu, kami harus memblokir beberapa akun yang menggunakaan tool pemetaan ini. Ini membuat beberapa pemain bingung mengapa mereka diblokir,” kata Hanke.

Saat ini, Niantic membatalkan pemblokiran beberapa akun pengguna yang tidak sadar mereka telah melanggar peraturan yang ditetapkan oleh Niantic.

“Peta yang mengambil data dari server kami merupakan pelanggaran akan persyaratan penggunaan dan menggunakaan tool itu akan membuat akun Anda diblokir mulai sekarang,” Hanke menjelaskan.

Dia juga menyebutkan, akun yang digunakan untuk mengumpulkan data dari game ini atau akun milik orang-orang yang menggunakan teknik penipuan GPS akan tetap diblokir.

“Prioritas utama kami adalah untuk memberikan pengalaman yang adil dan menyenangkan untuk semua pemain,” kata Hanke.

“Jadi, pemblokiran permanen akan terus berlanjut untuk pemain yang melakukan kecurangan.”

Sebelumnya diketahui bahwa Niantic memang membuat larangan keras pada akses Pokevision ke servernya di awal bulan Agustus. Dan semenjak itulah, banyak akun yang diblokir oleh Niantic secara permanen.

Kini, Niantic melihat kembali akun-akun yang telah mereka diblokir. Hanke mengklarifikasi bahwa dia akan tetap memblokir akun-akun yang secara curang menggunakan teknik untuk menipu GPS agar terlihat berada di negara lain.

Share.